Harga Cabai di Kuala Pembuang Meroket

jual cabai
HARGA NAIK : Calah satu kios penjual cabai dan sejumlah sayuran di pasar SAIK Kuala Pembuang. (M.Rifani/Radar Sampit)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Warga penggemar makanan pedas Kota Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan, baru-baru ini dibuat gelisah dengan meroketnya harga cabai rawit dan cabai kriting. Pada Rabu (21/2/2024) kemarin, terpantau harga salah satu komoditas tersebut menembus kisaran harga Rp80 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogramnya.

Hal ini dibenarkan pedagang di komplek pasar Sayur dan Ikan (SAIK) Kuala Pembuang. Seperti kata Warjin salah satu pedagang sayur, harga cabai kini semakin naik akibat faktor cuaca yang tidak menentu dan pasca pesta pemilu 2024 yang baru-baru ini terselenggara.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya itu cabai rawit dijual sekitar Rp60.000 sekarang naik Rp20.000 sampai Rp30.000 di pasaran,” ujarnya, kemarin.

Begitu juga dengan harga cabai hijau, kemarin harga perkilogramnya sudah tembus Rp100 ribu dari sebelumnya Rp60 ribu perkilogram.

Warjin menambahkan, untuk cabai kriting yang paling drastis naiknya, hingga naik Rp40.000 dari biasanya. Kenaikan ini pun berdampak kepada pedagang warung makan yang membutuhkan bahan caba untuk masakan.

Baca Juga :  Raperda PBG Jalan di Tempat

Selain komoditas cabai, menurutnya seperti harga tomat, bawang merah dan bawang putih, terbilang masih normal dalam 1 bulan belakangan. Tidak berdampak apa-apa, harga di pasaran masih stabi,l tidak mengalami kenaikan sejauh ini,” tandasnya. (rdw/gus)



Pos terkait