Harga Emas di Kotawaringin Timur Terus Naik 

harga emas
RAMAI: Aktivitas jual beli di Toko Emas Mitra Pasar PPM Sampit tetap ramai pengunjung meskipun harga emas alami kenaikan Sabtu (16/3/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sudah setengah bulan terakhir ini harga emas di pasaran mengalami kenaikan. Di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit harga emas berkadar 999 mencapai Rp 1.060.000 per gram.

“Walaupun harga emas 999 naik sejak setengah bulan lalu, tapi masih diburu orang,” ujar pemilik Toko Emas Mitra Baru Darsani, Sabtu (16/3/2024).

Bacaan Lainnya

Darsani mengatakan, dalam setengah bulan terakhir saja sudah dua kali terjadi kenaikan harga emas 999 yang diikuti juga dengan kenaikan harga emas di bawahnya.

“Untuk emas 999 kenaikannya sampai Rp 30 ribu, diikuti emas lainnya dengan kenaikan antara Rp 10 ribu – Rp 20 ribu,” sebutnya.

Kenaikan harga emas tersebut tidak membuat daya beli masyarakat melemah. Kebalikannya, selama Ramadan ini minat beli masyarakat justru meningkat dibanding minat jual.

“Peminatnya malah bagus, untuk omsetnya, justru banyak yang beli, mudahan dekat lebaran lebih bagus lagi,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Kotim Dukung Baznas Salurkan ZIS  

Menurutnya selama Ramadan hingga menjelang Idulfitri mendatang umumnya daya beli konsumen tinggi. Namun setelah lebaran, akan ramai-ramai menjual emas. Apalagi setelah lebaran akan diikuti pendaftaran sekolah sehingga masyarakat memerlukan uang untuk membeli peralatan sekolah.

“Habis momen Lebaran biasanya akan diikuti dengan menjual emas,” ucapnya.

Dituturkan, kenaikan harga emas ini terjadi karena gejolak dunia internasional. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap harga emas dan mata uang rupiah adalah nilai mata uang dolar AS.

Selain itu gejolak politik seperti perang Israel – Palestina yang masih terus terjadi hingga saat ini juga menjadi salah satu pemicu kenaikan harga emas tersebut.

“Kenaikan ini pengaruh dari harga emas dunia, harga jualnya naik, begitu juga rupiah, biasanya dua faktor itu menyebabkan dolar dengan harga emas luar negeri tidak stabil, naik terus. Ada gejolak politik internasional juga berpengaruh,” ungkapnya.

Menurutnya, kebanyakan  para pengusaha menyelamatkan aset dengan investasi emas. Sebab makin kacau gejolak internasional, maka akan semakin naik harga emas.



Pos terkait