Hujan Deras Bikin Rumah Warga Ini Rusak Berat, Kok Bisa?

tanah longsor
RUSAK BERAT: Rumah warga di Jalan Lubut Pangkalan Bun yang rusak berat akibat longsor, Rabu (14/7). (FOTO: ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), jadi bencana bagi warga Jalan Lubut, RT 21, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Rabu (14/7). Air hujan membuat tanah longsor dan mengakibatkan satu rumah warga rusak berat. Selain itu, jalan gang tertutup material longsoran berupa tanah dan batu.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Martogi Siallagan mengatakan, selain diakibatkan tingginya curah hujan, longsor juga disebabkan drainase yang buruk, sehingga menyebabkan pengikisan tanah.

Bacaan Lainnya

”Curah hujan begitu tinggi dan drainase buruk membuat luapan air mengikis tanah terkikis sehingga terjadi longsor dan satu rumah rusak berat,” ujarnya.

Material longsoran yang menutupi badan jalan langsung dibersihkan menggunakan alat berat. Mengingat bahwa masih ada potensi longsor susulan serta rumah dalam kondisi rusak berat, pemilik rumah, Hendriansyah (63) dengan lima anggota keluarganya harus mengungsi ke tempat saudaranya.

Baca Juga :  Dharma Lautan Stop Pelayaran Sampit

”Bencana susulan masih bisa terjadi karena konstruksi rumah di sekitar longsoran masih labil dan rawan longsor kembali setelah hujan,” ujarnya. (tyo/ign)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *