Jembatan Kontruksi Beton Ini Terancam Ambruk

Desa Sagu Sukamulya,Kecamatan Kotawaringin Lama
Kondisi jembatan penghubung antarkabupaten dan provinsi yang berada di Desa Sagu, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kobar, Jumat (18/11). (istimewa)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com– Jembatan penghubung antarkabupaten di Desa Sagu Sukamulya, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terancam ambruk.

Jembatan berkonstruksi beton itu mengalami penurunan dan terdapat lubang berdiameter 30 centimeter. Luka di badan jembatan tersebut menyebabkan tulang besi jembatan terlihat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Sagu Sukamulya, Hasanuddin mengungkapkan kerusakan pada konstruksi jembatan tersebut sudah terjadi sejak 6 bulan terakhir dan diduga akibat termakan usia dan dilintasi kendaraan dengan tonase berat.

“Sudah kita laporkan kepada instansi terkait, namun hingga saat ini belum ada tanggapan, padahal kondisi jembatan mengalami penurunan atau amblas dan terdapat lubang,” keluhnya, Jumat (18/11).

Selain melaporkan kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, pemerintah desa juga sudah mengadukan kondisi jembatan tersebut kepada DPRD dan PUPR Kabupaten Kobar. Bahkan pihak swasta diminta berpartisipasi untuk melakukan penanganan sementara agar aman dan nyaman dilewati oleh masyarakat.

Baca Juga :  Hantam Lanting Warga, Agen Pelayaran Habiskan Sebanyak Ini Ganti Kerusakan

Pihaknya berharap kerusakan jembatan tersebut segera mendapat perbaikan dari pemda mengingat jalan maupun jembatan itu kerap dilalui oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Dia menegaskan apabila kondisi kerusakan jembatan ini dibiarkan berlarut-larut, maka dikhawatirkan bisa membuat jatuhnya korban.

“Jembatan tersebut merupakan akses vital, mengingat menjadi akses yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Tengah menuju Kalimantan Barat,” pungkasnya (tyo/sla)

 

 

 

Pos terkait