Kembangkan Tambak Udang Hingga Pertambangan di Sukamara

potensi sukamara
POTENSIAL: Wakil Gubernur (wagub) Kalteng Edy Pratowo, melakukan tebar benur Udang Vaname di kawasan tambak udang di Desa Sei Raja Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara,belum lama ini.

SUKAMARA, radarsampit.com – Kabupaten Sukamara menjadi salah satu lokasi khusus pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam pengembangan potensi shrimp estate atau tambak udang, yakni dengan melakukan inovasi terkait  budidaya udang vaname yang menjadi produk andalan Sukamara.

Selain itu juga dilakukan pengembangan potensi pertambangan, dan potensi lainnya.

Bacaan Lainnya

“Dalam kurun waktu lebih kurang 4 tahun ini potensi udang vaname sudah menjadi produk andalan daerah dan menjadi sektor pendukung Produk Domestik Regional Bruto (PDRb) dan peningkatan pertumbuhan  perekonomian,” ujar Sekretaris Daerah Sukamara, Rendy Lesmana.

Diharapkan melalui kerjasama itu semakin banyak inovasi di sektor shrimp estate sehingga menambah potensi yang dapat dimanfaatkan. Apalagi selama ini produk tersebut masih dipasarkan langsung keluar daerah.

“Kerjasama dengan BRIN tentu ada inovasi yang akan dikembangkan karena potensi udang vaname masih dijual dalam bentuk bahan baku. Kedepan diharapkan bisa diolah menjadi bahan setengah jadi atau menjadi produk olahan yang bisa menjadi branding Kabupaten Sukamara,” pungkas Rendy Lesmana.(fzr/gus)



Baca Juga :  Lima Napi Sampit Dipindah ke Lapas Sukamara  

Pos terkait