Kotawaringin Barat Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster

Lansia dan Pelayanan Umum Jadi Sasaran Awal

Kotawaringin Barat Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster
VAKSIN BOOSTER: Salah seorang lansia di Kecamatan Pangkalan Banteng saat mengikuti vaksinasi dosis ketiga (booster) di Puskesmas Karang Mulya, Kamis (20/1). Vaksinasi kali ini menggunakan vaksin jenis Pfizer. (SLAMET HARMOKO/RADAR PANGKALAN BUN)

Menurutnya kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan dan telah melaksanakannya dengan jangka waktu minimal 6 bulan.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Jenis vaksin yang digunakan antara lain, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac maka diberikan vaksin AstraZeneca, separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer separuh dosis (0,15 ml).

Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml) atau vaksin Pfizer separuh dosis(0,15 ml).

Baca Juga :  Rekreasi Rumah Makan Tepian Pantai Pesisir Sukamara

Penyuntikan dilakukan secara intramuskular di lengan atas. Penyuntikan half dose dilakukan dengan menggunakan jarum suntik sekali pakai 0,3 ml yang telah diberikan tanda ukuran dosis 0,15 ml dan 0,25 ml. Bagi daerah yang belum menerima jarum suntik sekali pakai ini, maka dapat memanfaatkan yang tersedia. (sla)

 



Pos terkait