Kotim Berpotensi Hasilkan Durian Kualitas Premium

kebun durian
KEBUN DURIAN : Bupati Kotim Halikinnor didampingi Sekda Kotim Fajrurrahman mencoba langsung durian kualitas terbaik di kebun milik Sanggul L Gaol di Jalan Sudirman Km 28, Sampit, baru-baru tadi. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Lahan-lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) jika dikelola dengan benar akan menjadi produktif, tak jarang hasilnya begitu memuaskan.

Contohnya, perkebunan milik Sanggul L Gaol di Jalan Sudirman Km 28 Sampit, yang menghasilkan buah durian dengan kualitas premium bahkan menjadi salah satu kelompok durian termahal di dunia, jenis Musang King dan Blackthorn atau Ochee.

Bacaan Lainnya

Bupati Kotim Halikinnor bersama Sekda Kotim Fajrurrahman bahkan mendatangi langsung kebun durian milik Sanggul L Gaol yang tidak lain adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim.

“Ini membuktikan bahwa potensi perkebunan ataupun pertanian di Kotim luar biasa. Buktinya sekarang di Sampit sudah bisa menghasilkan durian Musang King, yang kita tahu merupakan buah unggul di Malaysia. Di kebun ini juga ada Blackthorn atau Ochhe, luar biasa, ini durian terbatas bahkan di atas Musang King,” kata Halikinnor.

Durian merupakan salah satu buah yang cukup sering diburu orang. Hal ini dikarenakan durian memiliki rasa yang enak, manis, dan legit. Sebutan populernya adalah raja dari segala buah atau King of Fruit.

Baca Juga :  DUH!!! 85 Persen Pasien Covid-19 Ternyata Usia Produktif, Ada Sebabnya

Di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan juga Thailand, durian dengan kelompok kualitas teratas dan termahal dibudidayakan dan menjadi keunggulan.

Namun dengan berhasilnya durian kualitas premium tersebut tumbuh di Sampit, Halikinnor berharap kedepannya buah durian tersebut dapat dibudidayakan di wilayah ini.

“Ini belum ada di Kotim, dan di kebun milik Pak Sanggul ini satu-satunya yang ada memproduksi Musang King maupun Ochee. Mudahan nanti bisa berkembang, sehingga bisa menjadi salah satu andalan di Kotim,” harapnya.

Halikinnor menambahkan, kebun buah lebih besar hasilnya dibanding komoditas lain seperti berkebun kelapa sawit, karet dan rotan. Dia mencontohkan, satu pohon durian saja bisa menghasilkan 20 sampai 30 buah setiap panen.

Dengan jenis durian mahal yaitu Musang King dan Blackthorn yang harganya ratusan ribu per buah, maka hasilnya dipastikan akan sangat besar.



Pos terkait