Lamandau Siap Gelar Kontes Durian Lokal

Pedagang Berharap Kerek Harga

durian lamandau
KESULITAN DISTRIBUSI: Hasil panen durian Lamandau harus diangkut melalui jalur sungai untuk dijual kembali. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Musim buah durian tahun ini jadi berkah bagi sebagian warga Kabupaten Lamandau. Sejumlah di desa mulai panen raya buah tersebut. Untuk mempromosikan durian Lamandau, pemkab setempat akan menggelar kontes durian lokal.

”Dalam rangka menggali potensi durian lokal di Lamandau, tahun ini akan digelar kontes durian lokal yang  diharapkan dapat menjadi ajang perkenalan berbagai varietas durian lokal khas daerah,” kata Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani, Jumat (26/1/2024).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan kontes durian lokal akan dilaksanakan pada 31 Januari 2024 mendatang di halaman Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang. ”Bagi yang ingin mendaftar, bisa menghubungi Dinas Pertanian dari tanggal 2-26 Januari,” katanya.

Peserta kontes durian lokal dapat diikuti perorangan/kelompok. Peserta hanya mewakili satu desa. Durian yang diikutsertakan khusus hasil panen di Lamandau,

Baca Juga :  Pelaku Percobaan Pemerkosaan di Kalteng Ini Ternyata Masih Kerabat Korban

dengan melampirkan dokumentasi foto pohon durian dan pernyataan dari kepala desa setempat. Jumlah buah durian minimal tiga atau maksimal 5 setiap jenis atau varietas.

”Buah yang dinyatakan sebagai pemenang lomba akan diinventaris oleh dinas

Terkait sebagai kelestarian sumber daya genetik (SDG) hayati Kabupaten Lamandau,” katanya.

Seorang pedagang durian di Nanga Bulik mengaku antusias menyambut kontes durian lokal. Dia berharap hal itu akan meningkatkan penjualan buah durian, karena harga durian saat ini turun drastis.

”Padahal untuk membawa buah dari kampung cukup sulit. Harus melalui jalur sungai, karena jalan masih rusak. Kami berharap jalan ke arah desa-desa bisa cepat diperbaiki supaya memudahkan mengangkut hasil panen,” kata Dolvi, pedagang durian dari Desa Jemuat. (mex/ign)



Pos terkait