Laut Jawa Bersahabat, Nelayan Pesisir Kumai Panen Ikan Melimpah

Laut Jawa Bersahabat Nelayan Pesisir Kumai Panen Ikan Melimpah
PANEN IKAN: Nelayan Desa Teluk Bogam saat memindahkan ikan Manyung di perairan Laut Jawa belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Nelayan di pesisir terpadu Pantai Kubu, Bogam dan Keraya (Bugam Raya), Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat panen ikan di perairan Laut Jawa.

Hasil tangkapan mereka mampu mencapai belasan ton. Nelayan berhasil membawa pulang hasil tangkapan Ikan Manyung atau biasa disebut ikan Jambal Roti. Ikan tersebut dicari sebagai bahan dasar membuat ikan asin atau kuliner rumah makan.

Maksimalnya hasil tangkapan nelayan pesisir Kumai karena cuaca cukup bersahabat dalam dua hari terakhir sehingga mereka berani melaut hingga jauh ke tengah.

Menurut saudagar ikan di Desa Bogam, Syahrian, untuk tangkapan kali ini anak buahnya dengan beberapa perahu berhasil membawa pulang ikan lebih dari 10 ton, jumlah tersebut belum terhitung nelayan lainnya.”Kalau laut teduh seperti ini hasil tangkapan kita bagus, namun jenis tertentu saja, kalau saat ini Ikan Manyung,” ujarnya, Selasa (15/3).

Dijelaskannya, beberapa kapalnya yang melaut menggunakan alat tangkap jaring Lengkong yang ramah lingkungan, sehingga hasil tangkapan maksimal.

Ia menceritakan, saat ribuan ekor Ikan Manyung sudah terkumpul dalam jaring Lengkong, beberapa kapal segera merapat untuk memindahkan hasil tangkapan ke dalam perahu, kemudian dibawa pulang ke Desa Teluk Bogam.

Baca Juga :  Kucing-kucingan Jaringan Kalbar, Sabu Terus Dipasok

Ikan Manyung hasil tangkapan mereka, selain dilempar ke pasaran lokal juga dikirim ke Pontianak, Kalimantan Barat serta ada yang ke Pulau Jawa. “Dengan menggunakan pikup para pengepul sudah menanti di dermaga tambat desa setempat,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengepul ikan di Desa Kubu, Inar mengatakan kondisi laut teduh sangat menguntungkan nelayan setempat, padahal sebelum ini cuaca di Laut Jawa cukup buruk dan mereka sempat mengalami kekosongan ikan. “Alhamdulillah, cuaca begini musim ikan Manyung dan kebetulan ikan ini juga banyak dicari,” pungkasnya. (tyo/sla)

 

 

 

 

Pos terkait