Mahfud MD Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Ini Profil dan Rekam Jejaknya

ganjar mahfud md
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (kiri) bersama bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) pada pengumuman bacawapres pada Pilpres 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta, 18 Oktober 2023 (Dok. JawaPos)

Radarsampit.com – Ketua Umum PDIP Megawati mengumumkan Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 nanti.

Pengumuman disampaikan di Gedung DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (18/10/2023). “Maka calon wapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud Md,” kata Megawati.

Bacaan Lainnya

Megawati didampingi oleh para ketua umum partai koalisi pro Ganjar yakni Ketum PPP Mardiono, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.

Selain itu, jajaran TPN juga tampak hadir. Terlihat Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, Gatot Eddy Pramono, hingga Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang.

Bahkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga hadir dalam pengumuman hari itu. Sebagai cawapres Ganjar Pranowo, kini Mahfud MD menjadi sorotan publik.

Baca Juga :  Capres Anies Baswedan Berkomitmen Kembalikan Independensi KPK

Lantas siapa sosok Mahfud MD? Mahfud MD memiliki nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin. Mahfud MD lahir pada tanggal 13 Mei 1957 di Sampang Madura, Jawa Timur.

Sosok Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., dikenal sebagai seorang akademisi, politisi dan hakim yang berkebangsaan Indonesia.

Saat ini, Mahfud MD tengah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam).

Tak hanya menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia sejak 23 Oktober 2019, beliau juga didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pada tahun 2008, Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 serta menjadi Hakim Konstitusi.

Tak cukup sampai disitu, Mahfud MD juga menjadi anggota DPR dan Menteri Pertahanan dalam Kabinet Persatuan Nasional. Selain sepak terjangnya dalam dunia politik, Mahfud MD juga aktif sebagai pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. (jpc/sla)



Pos terkait