Mal Pelayanan Publik Kotim Belum Operasional, Ini Masalahnya

Bupati Kotim Halikinnor menginginkan agar Mal Pelayanan Publik Kotim segera beroperasi.
DORONG BEROPERASI: Bupati Kotim Halikinnor menginginkan agar Mal Pelayanan Publik Kotim segera beroperasi. (DOK/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berdiri megah di Jalan MT Haryono diharapkan bisa operasional tahun depan. Diharapkan birokrasi pemerintah yang memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, BUMD maupun swasta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan jauh lebih mudah.

”Secara skema jadwal, mudah-mudahan MPP nanti bisa kita operasionalkan di tahun awal 2023. Mohon doa restu dan partisipasi semuanya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotim Imam Subekti.

Bacaan Lainnya

Secara fisik bangunan, Mal Pelayanan Publik di Kotim sudah selesai di tahun 2020. Akan tetapi, keperluan yang lain masih harus dipenuhi di tahun 2021. Pihaknya juga telah melakukan kajian publik sesuai Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 mengenai Mal Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) berkaitan dengan MPP. Salah satunya, apabila mengusulkan karena belum operasional, diharapkan bisa menyesuaikan regulasi yang ada.

Baca Juga :  PT KMA Tegaskan Bukan Perusahaan Bandel

”Dari kajian publik tersebut, kami menyiapkan proposal untuk meminta fasilitasi dan juga pendampingan dari Kementerian PAN-RB dalam rangka  mengoperasionalkan Mal Pelayanan Publik,” tuturnya.

Terkait operasionalnya MPP, pihaknya tengah menyiapkan untuk pemenuhan segala sesuatunya, serta berkoordinasi dengan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) teknis dan juga instansi vertikal lainnya ataupun pihak mana saja yang akan bergabung di Mal Pelayanan Publik tersebut.

Diharapkan hadirnya MPP di Kotim memudahkan masyarakat dan memudahkan investor atau pelaku usaha melakukan kegiatan usahanya di Kotim, termasuk di sisi pemerintah daerah dan juga instansi vertikal.

Pos terkait