Pantai Jelunci Masuk Kawasan Unggulan Pariwisata

wisata pantai sukamara
PARIWISATA : Pesisir pantai di wilayah Kecamatan Pantai Lunci menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. (FAUZIANNUR/RADAR SAMPIT)

SUKAMARA, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Sukamara telah menetapkan kawasan unggulan pariwisata pantai yakni di Kecamatan Jelai dan Lunci (Jelunci).

Beberapa kawasan menjadi prioritas pengembangan seperti Pantai Tanjung Nipah di Desa Sungai Raja, Pantai Anugerah di Desa Sungai Tabuk, dan Pantai Citra di Desa Sungai Cabang Barat.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan  Peraturan Daerah Kabupaten Sukamara Nomor 14 tahun 2012, Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukamara Tahun 2012-2032, bahwa kawasan unggulan pariwisata pantai di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai,” jelas Sekda Sukamara Rendy Lesmana, beberapa waktu lalu.

Menurutnya hal itu selaras dengan perencanaan potensi pengembangan wilayah, bahwa pengembangan pariwisata diarahkan pada kawasan bagian selatan yang disebut sebagai kawasan Jelunci. Oleh sebab itu, pengembangan pariwisata Tanjung Nipah, Anugerah dan Citra menjadi pengembangan pariwisata.

“Seperti pengembangan seni dan budaya, peningkatan fasilitas sarana prasarana tempat wisata dan pemberdayaan budaya lokal yang diharapkan menjadi penyumbang pendapatan asli daerah bagi Kabupaten Sukamara,” tambahnya.

Baca Juga :  Lomba Dayung dan Balap Perahu Diwacanakan Jadi Program Wisata Sukamara

Potensi pantai yang dimiliki Kabupaten Sukamara akan terus dikembangkan. Untuk mendukung potensi tersebut tidak lepas dari dukungan sarana lainnya seperti infrastruktur jalan. Pemerintah daerah secara bertahap akan meningkatkan pembangunan jalan, sehingga akses bisa lebih nyaman. (fzr/fm)

 



Pos terkait