Pemkab Kotim Berharap Semua Formasi CPNS Terisi

SELEKSI: Pelaksanaan tes SKB CPNS yang berlangsung di Balai Diklat BKPSDM Kotim, belum lama tadi. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin (Kotim) melalui pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Alang Arianto, berharap hasil dari tes seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dapat memenuhi semua formasi yang dibutuhkan, meski harus melalui optimalisasi formasi.

”Kami berharap semua formasi bisa terisi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia berharap agar tahun selanjutnya pihaknya bisa mengajukan penerimaan CPNS bagi formasi yang lainnya lagi. Penerimaan CPNS merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tenaga PNS di Kotim yang penggajiannya ditanggung pemerintah pusat. Dengan demikian, dapat mengurangi beban pemerintah daerah menggaji tenaga kontrak daerah.

Oleh karena itu, diharapkan setiap penerimaan CPNS, semua formasi yang didaftarkan terpenuhi. Apabila ada formasi yang kosong, lanjut Alang, sebenarnya masih ada cara untuk mengatasinya melalui tahap optimalisasi formasi.

Caranya, apabila pada suatu formasi jumlah peserta yang lulus lebih dari yang ditargetkan, sedangkan pada formasi yang lain kosong, maka kelebihan peserta yang lulus tersebut dapat dipindah ke formasi yang kosong dengan catatan masih pada bidang yang serupa.

”Seperti sistem silang saja, supaya formasi yang kosong dapat terpenuhi,” terangnya.

Namun demikian, kata Alang, pihak berhak memutuskan optimalisasi formasi  adalah pemerintah pusat melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), sementara pihaknya hanya sebagai pelaksana teknis. Dia berharap para peserta di setiap formasi mendapat nilai yang baik, sehingga tak perlu bergantung pada optimalisasi formasi. (yn/ign)

Pos terkait