Pemkab Kotim Dukung UMKM agar Lebih Maju

bantu umkm kotim
UMKM: Wabup Kotim Irawati berfoto bersama pelaku UMKM yang ada di Kotim. (DOK.YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah ini untuk terus berkembang dan maju.

“Pemerintah daerah sangat mendukung keberadaan UMKM karena dapat membantu meningkatkan perekonomian di wilayah ini,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, komunitas yang bergerak di bidang UMKM harus didukung.  masalah utama yang sering menghambat perkembangan UMKM yaitu rendahnya sumber daya manusia (SDM) dan manajemen, kurangnya finansial, inovasi dan teknologi yang belum tepat, masalah pasar, hingga bahan baku.

Oleh sebab itu, dukungan pemerintah daerah terhadap para pelaku UMKM di Bumi Habaring Hurung  adalah dengan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM yang masih sangat kecil agar dapat terus bertumbuh, terutama pasca pandemi Covid-19.

“Melalui dinas terkait, pemerintah hadir untuk memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM, ” sebutnya.

Baca Juga :  Dishub Pasang Rambu di Delapan Titik

Sebagai langkah dalam mendukung keberadaan UMKM, pemerintah berupaya untuk melibatkan para pelaku UMKM dalam setiap kegiatan, baik yang digelar oleh pemerintah maupun instansi lainnya. Tujuan agar produk hasil olahan pelaku UMKM semakin dikenal masyarakat luas.

Irawati mengaku sering membawa produk lokal olahan dari pelaku UMKM dalam setiap kegiatan di dalam kota maupun di luar kota. Hal itu dilakukannya untuk memperkenalkan produk lokal.

“Kalau keluar kota, saya pasti bawa produk UMKM. Misalnya, ada kegiatan kerja keluar kota, saya pesan dengan para pelaku UMKM. Tidak gratis, tetap saya bayar, tapi pesan dulu,” ucapnya.

Dirinya juga mendorong perangkat daerah di wilayah kecamatan untuk mendukung dan memfasilitasi UMKM demi meningkatkan ekonomi masyarakat. (yn/yit)

Pos terkait