Perairan Sukamara masih Aman Dilayari

perairan sukamara,bmkg,jalur laut ke Sukamara,sukamara
Kapal kayu yang biasa mengangkut barang dari Pulau Jawa ke Sukamara, sedang tambat di pelabuhan.(fauzianur/radarsampit)

SUKAMARA, RadarSampit.com-Arus masuk barang melalui pelayaran laut dari pulau Jawa ke Sukamara saat ini masih lancar. Kondisi cuaca di laut masih aman untuk pelayaran.

KSOP Kelas IV Sukamara belum mendapatkan maklumat pelayaran dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) terkait prediksi cuaca ekstrem dengan gelombang tinggi.

Bacaan Lainnya

Kepala KSOP Kelas IV Sukamara Boy Prasojo menjelaskan arus barang melalui jalur laut ke Sukamara masih lancar.

Saat ini terdapat empat buah kapal kayu pengangkut barang dari Semarang ke Sukamara. Kondisi cuaca di Laut Jawa ke Sukamara masih mendukung pelayaran, sehingga belum ada maklumat pelayaran.

Dijelaskan jika prediksi cuaca dan gelombang akan terjadi ekstrem dalam waktu tertentu, biasanya ada maklumat dari Ditjen Hubla Kementerian Perhubungan RI dan maklumat itu akan diteruskan pihaknya ke perusahaan pelayaran yang ada.

Baca Juga :  Tiang Listrik Sudah Masuk, Warga Berharap Pulau Nibung Segera 'Menyala'

Meski tidak ada maklumat, namun pihaknya mengingatkan agar nakhoda kapal selalu memantau kondisi cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Distribusi barang juga ada dari Pangkalan Bun lewat jalur darat. Yang jelas arus distribusi barang melalui kapal ke Sukamara masih lancar,” tandasnya.

Terkait musim angin tenggara beberapa waktu lalu, pihaknya juga menegaskan dalam kondisi aman bagi pelayaran. Jika sampai ada larangan berlayar maka kondisi gelombang di laut sudah berbahaya, namun kondisi itu jarang terjadi bagi pelayaran dari Pulau Jawa ke Sukamara.

“Pelayaran ke Sukamara dari Semarang. Mungkin jika ada larangan berlayar hanya bagi kapal dengan bobot tertentu saja,” tukas Boy Prasojo.(fzr/sla)

 



Pos terkait