Positif Covid-19 Meningkat, Lamandau Kembali ke Zona Merah

zona merah covid19
SWAB PCR: Petugas kesehatan Kabupaten lamandau saat mengambil sampel swab untuk tes PCR bagi warga kontak erat dengan pasien positif Covid-19. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN KOTAWARINGIN)

NANGA BULIK– Penambahan jumlah pasien positif di Kabupaten Lamandau kembali meningkat tajam. Dalam sehari terjadi penambahan 46 orang pasien positif Covid-19. Kini total warga yang telah terkonfirmasi positif mencapai 645 kasus, dengan rincian dalam perawatan saat ini 97 orang, padahal biasanya kurang dari 30 orang. Namun ini belum termasuk semua hasil swab PCR yang dilakukan pada Selasa (22/6) lalu. Diprediksi jumlah terkonfirmasi positif akan meningkat lagi pada Jumat (25/6) hari ini.

Terbanyak penambahan berasal dari wilayah Kecamatan Bulik, yakni bertambah 32 orang. Selain dari Kelurahan Nanga Bulik, pasien asal perusahaan juga turut berkontribusi menambah kasus positif. Edison Dewel, Kepala BPBD sekaligus Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 saat dikonfirmasi membenarkan penambahan kasus positif ini. Untuk itu, pihaknya juga akan semakin memperkuat tracing dan penindakan pelanggar protokol kesehatan. “Daya tampung rumah sakit dan mess desa masih aman. Bed Occupancy Rate (BOR) atau ketersediaan tempat tidur Rumah Sakit (RS) dari kapasitas 35 bed, baru terisi 7, masih tersisa 28 bed,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Belum Ada Jaminan, Rencana Wisata Buaya selesaikan Masalah Serangan Predator Sungai

Hal senada juga disampaikan oleh Sekda Lamandau, Irwansyah, menurutnya saat ini Rasio Kecupan Tempat Tidur di RSUD 22,68 persen, sedangkan di mess desa terpakai 40 persen. “Kita berharap hal ini bisa semakin meningkatkan kewaspadaan masyarakat dengan memperketat protokol kesehatan karena kita sudah kembali ke zona merah,” katanya.(mex/sla)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.