Ribuan Manusia Jejali Taman Kota saat Gelaran Kotim Berselawat

Peringatan Haul Abah Guru Sekumpul di Kota Sampit

haul sekumpul
RAMAI: Ribuan masyarakat menghadiri kegiatan Kotim Berselawat dalam rangka Haul Guru Sekumpul di Taman Kota Sampit, Minggu (21/1/2024) malam. (HENY/RADAR SAMPIT)

Kegiatan Kotim Berselawat dalam rangka memperingati wafatnya Muhammad Zaini Abdul Ghani Al Banjari atau akrab disapa Abah Guru Sekumpul di Kota Sampit, dihadiri ribuan manusia.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Acara yang digelar di Taman Kota Sampit Minggu (21/1/2024) malam, mulai menjelang magrib hingga larut malam sekitar 23.30 WIB itu dikerumuni kaum perempuan dan laki-laki  berbusana muslim dan muslimah.

Tak ada sekat ataupun celah. Sekeliling Taman Kota Sampit hingga area dalam taman dipenuhi banyak orang. Motor dan mobil mengular panjang dari berbagai sisi.

Panggung utama yang menghadap ke arah selatan tak luput dari sorotan. Binar cahaya lampu menyorot menembus langit. Pada malam yang cerah itu, semua pengunjung duduk bersila beralaskan plastik yang ditawarkan pedagang asongan seharga Rp10 ribuan. Ada pula pengunjung yang memilih duduk tanpa alas.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Wakil Bupati Kotim Irawati bersama sejumlah pejabat lainnya juga turut hadir berbaur di antara masyarakat.

Baca Juga :  Keteguhan Hati Pedagang Pentol Bundaran Pancasila

Sejumlah pengunjung juga membawa perlengkapan salat, mengikuti salat magrib, dan salat isya berjemaah. Pihak penyelenggara kegiatan memfasilitasi sejumlah stan yang menyediakan kurang lebih 40 ribu porsi makanan secara gratis untuk pengunjung.

”Acara ini terlaksana di luar dugaan kami. Kami perkirakan jumlah pengunjung mencapai 10 ribu. Semua areal Taman Kota Sampit dari berbagai sisi dipenuhi jemaah,” kata Habib Ahmad Al Habsyi, Penanggung Jawab Pelaksana Kegiatan Haul Guru Sekumpul di Taman Kota Sampit, Minggu (21/1/2024).

Ahmad mengatakan, acara itu terlaksana untuk kedua kalinya. Pada tahun lalu dilaksanakan di Ikon Jelawat dan tahun ini di Taman Kota Sampit.

”Animo masyarakat yang hadir sangat luar biasa. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya masyarakat dari Kota Sampit, masyarakat dari Parenggean, Cempaga, Mentaya Hulu, dan dari Seruyan juga hadir,” kata Ahmad yang Pimpinan Majelis Rasulullah Kalteng ini.

Panitia juga secara khusus menyediakan makanan gratis untuk jemaah yang hadir. Makanan itu dibagikan dari sumbangan para donatur yang turut mendukung suksesnya acara Haul Guru Sekumpul.



Pos terkait