Salat Tarawih Semalam Satu Juz, Masjid Sayyidul Ihsan Masih Diminati Jemaah 

Jelajah Masjid di Kota Sampit selama Ramadan (11)

masjid sayyidul ihsan
Masjid Sayyidul Ihsan Jalan DI Panjaitan, Kota Sampit

Jika kebanyakan masjid di Kota Sampit membaca surah pendek dalam salat sunnah tarawih, Imam Masjid Sayyidul Ihsan lebih memilih mempertahankan salat tarawih setiap malam satu juz.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Satu saf barisan salat jemaah laki-laki dan perempuan masih khusyuk menunaikan ibadah salat sunnah tarawih mengikuti gerakan imam dari awal hingga berakhirnya salat.

Meski dalam setiap malam Ramadan jemaah di Masjid Sayyidul Ihsan tak kurang dari 20 orang, jemaah tetap bertahan mendengar bacaan ayat Alquran yang dilantunkan Imam dengan penerapan 1 malam 1 juz.

Bagi jemaah pendatang baru, jangan berharap mendengar Imam Masjid Sayyidul Ihsan membaca surah pendek dalam salat tarawih. Setiap malamnya, Imam memimpin salat layaknya sedang membaca Alquran ayat demi ayat secara runut, mulai juz 1 hingga juz ke-30.

Pada malam ke-16 Ramadan, Selasa (26/3/2024), Imam melantunkan 269 ayat suci Alquran. Dimulai dari ayat 75-110 Surah Al Kahfi, dilanjutkan ayat 1-98 Surah Maryam dan ayat 1-135 Surah Taha.

Baca Juga :  Peringatan Berulang untuk Raksasa Jalanan di Sampit

Meski bacaan terlihat panjang, jemaah pendatang tak perlu khawatir kelelahan mengikuti gerakan imam. Pasalnya, salat tarawih tetap ditunaikan 20 rakaat dan setiap dua rakaat salam. Bacaan salat tarawih juga terdengar merdu dengan ritme sedang tidak terlalu cepat.

Masjid Sayyidul Ihsan
JEMAAH: Jemaah saat melaksanakan salat sunnah tarawih di Masjid Sayyidul Ihsan Jalan DI Panjaitan, Kota Sampit, Selasa (26/3/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

Jemaah tetap yang merupakan warga sekitar masjid juga sudah terbiasa mengikuti gerakan imam salat tarawih semalam satu juz. Salat tarawih dikerjakan tak terlampau lama.

Setelah menunaikan salat wajib isya empat rakaat dilanjutkan salat tarawih 20 rakaaat, hanya memerlukan waktu kurang lebih sejam dan selesei sekitar jam 20.15 WIB.

Setelah salat tarawih, Radar Sampit menemui satu-satunya Imam di Masjid Sayyidul Ihsan, yakni Muhammad Hasbi (40).

”Salat tarawih sesuai dengan namanya artinya istirahat atau salat santai. Makanya saya menerapkan salat tarawih semalam satu juz. Dibaca tidak terburu-buru, tapi juga tidak terlalu lambat,” kata Hasbi.



Pos terkait