Sekda Lamandau Tegaskan Acara di Rujab Bupati Hasil Kesepakatan Bersama

Jawaban Atas Laporan Golkar ke Bawaslu

sekda lamandau
Sekda Lamandau Irwasyah

NANGA BULIK, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Lamandau merespons langkah Golkar setempat yang mempersoalkan kegiatan Coffee Morning dan penandatanganan pakta integritas pelaksanaan kampanye damai di rumah jabatan bupati. Pj Bupati Lamandau sebagai pihak yang dilaporkan dijamin memegang teguh prinsip netralitas ASN dalam pemilu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau Muhamad Irwansyah mengatakan, pihaknya menghormati Partai Golkar Lamandau terkait pelaporan tersebut. Hal itu dinilai sebagai bagian dari dinamika demokrasi.

Bacaan Lainnya

Irwansyah juga meyakini kegiatan Coffee Morning sekaligus penandatangan pakta integritas pelaksanaan kampanye damai di Lamandau pada Selasa (28/11/2023) lalu tidak ada masalah. Pasalnya, pihaknya telah berkonsultasi dengan unsur Forkopimda, Bawaslu, dan KPU.

”Maksud awal yang kami rencanakan itu sebetulnya hanya Coffee Morning saja bersama Forkopimda untuk menjaga kodusifitas jelang pemilu. Tempatnya di (kantor) Kesbangpol. Setelah kami koordinasi, ada masukan dari Polres Lamandau untuk menggabung acaranya dengan penandatangan pakta integritas kampanye damai, karena Lamandau memang belum menggelar itu. Jadi, penandatanganan itu sebetulnya acara ikutan. Sesimpel itu,” jelas Irwansyah.

Baca Juga :  Bank Kalteng Sponsori Turnamen Tenis Bupati Cup

Mengenai kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Lamandau dan yang pengundang atas nama Bupati, bukan KPU maupun Bawaslu, Irwansyah menegaskan, pihaknya memiliki pertimbangan. Antara lain, Pj Bupati Lamandau merupakan ASN yang sudah pasti netral, karena bukan produk dari kontestasi pemilu.

”Kemudian, kenapa acaranya di rujab, karena melihat jumlah undangan yang cukup banyak dan Kesbangpol Lamandau sebagai penanggung jawab kegiatan tidak memiliki tempat yang memadai. Maka kami putuskan acaranya di rujab,” ujarnya.

Irwansyah menuturkan, Bundaran Rusa maupun Rujab Bupati Lamandau merupakan fasilitas umum milik pemerintah. Penentuan tempat dan kegiatan berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama.

Menurut Irwansyah, di sela acara pihaknya meminta pendapat soal tempat penandatanganan pakta integritas kampanye damai ke forum, termasuk ke pengurus parpol yang hadir. Saat itu, pengurus parpol sepakat dan tidak mempermasalahkan tempat dan acaranya digabung bersamaan dengan coffee morning tersebut.



Pos terkait