Selama Sebulan, 9 Warga Meninggal Kecelakaan di Sampit

jumlah laka
LAKALANTAS : Petugas Kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian kecelakaan di Jalan HM Arsyad, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, beberapa hari lalu. DOKUMEN/RADAR SAMPIT

SAMPIT, radarsampit.com – Insiden Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) kian mengkhawatirkan.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kotim mencatat, selama bulan Mei 2023, dari 19 kasus Lakalantas, ada 9 orang pengendara diketahui meregang nyawa di jalan.

Bacaan Lainnya

Penyebab insiden kecelakaan mulai dari kelalaian manusia dan infrastruktur jalan yang tidak memadai. “Dari 19 kasus Lakalantas, 9 orang meninggal dunia dan 20 korban mengalami luka ringan dan berat. Ini kejadian selama bulan Mei 2023 saja,” Kasatlantas Polres Kotim AKP Azmi Halim Permana.

Azmi menyebutkan, berdasarkan perhitungan, total kerugian materiil akibat kasus Lakalantas selama bulan Mei 2023 mencapai Rp 33 juta.Dari jumlah kasus kecelakaan tersebut yang mendominasi korban adalah pengendara roda dua (sepeda motor).

Baca Juga :  Mayat di Kebun Sawit Sudah Meninggal Sepekan Lebih

Mengingat jumlah Lakalantas tinggi sebulan terakhir, Kepolisian meminta masyarakat, terutama pengendara motor untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat berkendara di jalan raya.

”Apa bila bepergian menggunakan kendaraan, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Pastikan juga kendaraan yang dipakai dalam keadaan normal, sehingga pengendara aman selama di perjalanan,” imbaunya. (sir/fm)

 



Pos terkait