Siap Perjuangkan Kepentingan Rakyat, DPD PAN Kotim Turunkan 40 Bacaleg Ikuti Pemilu 2024

Ada Mantan Pejabat, Mantan Kades, dan Anak Mantan Pejabat

pan mendaftar ke kpu
SERAHKAN BERKAS: Ketua DPD PAN Kotim Muhammad Rudini didampingi Wakil dan Sekretaris, dan bacaleg PAN menyerahkan berkas pencalonan bacaleg yang diterima Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, Jumat (12/5). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) resmi menyerahkan berkas dokumen bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotim. Penyerahan tersebut dilakukan serentak oleh PAN se-Indonesia, Jumat (12/5).

”Sesuai arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, penyerahan berkas bacaleg ke KPU dilaksanakan serentak pada 12 Mei 2023. Sesuai nomor urut PAN yang juga 12,” kata Muhammad Rudini Darwan Ali, Ketua DPD PAN Kotim.

Bacaan Lainnya

Pantauan Radar Sampit, rombongan bacaleg PAN kompak mengenakan pakaian jas biru datang ke KPU sekitar pukul 13.30 WIB. Rombongan disambut komisioner KPU Kotim di Rumah Pintar Pemilu (RPP), Kantor KPU Kotim.  Jajaran Bawaslu Kotim juga hadir melakukan pengawasan.

Rudini menuturkan, persiapan melengkapi berkas pencalonan bacaleg sudah dilakukan pada 2-11 Mei. ”Persiapan kelengkapan berkas dikerjakan sampai lembur. Alhamdulillah, hari ini berkas pencalonan bacaleg PAN sudah diserahkan ke KPU Kotim dan sudah dilakukan verifikasi. Tidak ada berkas yang kurang. Semua lengkap,” ujar Rudini.

Baca Juga :  KJ Mega Mega Store, Supermarket Bahan Bangunan Terbesar dan Terlengkap di Sampit

Proses pemeriksaan berkas pencalonan bacaleg memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Tim KPU Kotim memastikan semua syarat dan berkas dokumen pencalonan lengkap. Setiap bacaleg dari daerah pemilihan satu hingga dapil lima dilakukan verifikasi untuk memastikan berkas yang diunggah ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk pendaftaran bacaleg anggota DPR, DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Rudini mengatakan, ada 40 berkas dokumen pencalonan bacaleg yang diserahkan ke KPU Kotim. Secara rinci, dapil 1 ada 10 bacaleg, terdiri dari 7 bacaleg laki-laki dan tiga bacaleg perempuan. Dapil 2 ada 8 bacaleg, terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Dapil 3 sebanyak 6 bacaleg, terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan.

Kemudian, dapil 4 ada 7 bacaleg, terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan. Terakhir, dapil 5 ada sebanyak 9 bacaleg, terdiri dari 6 laki-laki dan 3 perempuan.



Pos terkait