Hal yang Perlu Diperhatikan Beli Mamin Lebaran

yang Perlu Diperhatikan Beli Mamin Lebaran
ILUSTRASI.(GOOGLE)

SAMPIT – Para konsumen di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta  lebih berhati-hati dan teliti ketika membeli makanan dan minuman (mamin) kemasan untuk keperluan Lebaran mendatang. Pasalnya, menjelang perayaan hari besar keagamaan, peredaran makanan dan minuman yang cukup tinggi akan mengecohkan konsumen terhadap ketelitian memeriksa tanggal produksi makanan. Belum lagi adanya pedagang curang yang dengan sengaja menjual kembali barang yang sudah tidak laku dengan harga murah meski masa produksinya sudah lewat.

“Jadi diperlukan ketelitian konsumen memilah makanan dan minuman yang akan dibeli, guna menghindari mengonsumsi makanan yang sudah melampaui tanggal kedaluwarsa,” ungkap Wakil Bupati Kotim Irawati.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Menurut Irawati, tanggal kadaluwarsa menjadi acuan yang dipergunakan sebagai tanggal aman untuk dikonsumsi. Karena itu, konsumen harus waspada dan jeli agar terhindar dari kemungkinan mengonsumsi makanan tidak layak yang dapat mengganggu kesehatan.

Baca Juga :  STIE Sampit Gelar Bazar UMKM dan Sekolah Wirausaha

Selain itu ia juga meminta kepada produsen untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada produk makanan dan minuman berkemasan agar konsumen dapat mengetahui masa layak konsumsi dari produk berkemasan tersebut.

“Sebelum membeli periksa juga mamin dalam kemasan parsel, pastikan mamin yang terbungkus tersebut memang layak konsumsi,” tandasnya. (yn/yit)

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *