Teluk Segintung Bakal Jadi Pelabuhan Bongkar Muat Terbesar di Kalteng

teluk segintung
KUNJUNGAN: Asisten II Sekda Seruyan Adhian Noor didampingi kepala SOPD dan tim UPP Teluk Segintung audiensi bersama Kementerian Perhubungan RI, baru-baru tadi. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Akhirnya keberadaan dermaga Teluk Segintung yang merupakan pelabuhan samudera pertama di Kalimantan Tengah (Kalteng) akan diproyeksikan bisa untuk kegiatan bongkar muat dengan kapasitas besar dan ini dapat menunjang pertumpuhan ekonomi Kabupaten Seruyan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan atau Asisten II Sekretariat Daerah (Sekda) Seruyan, Adhian Noor mengatakan, bahwa pihaknya baru-baru ini mendampingi tim dari Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Teluk Segintung ke Kementerian Perhubungan RI terkait dengan rencana pengembangan atau peningkatan kapasitas pelabuhan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut bedasarkan usulan dari Daerah Lingkungan Kepelabuhan (DLKp), karena adanya keinginan perluasan untuk dapat digunakan kapal-kapal besar demi bisa bongkar muat dengan kapasitas lebih banyak dari sebelumnya.

“Sesuai usulan DLKp, kita ingin yang tadinya 7 meter naik jadi 15 meter. Hingga bisa bongkar muat dengan angka 20.000 sekian dari yang sekarang hanya 5000,” ujar Adhian Noor saat ditemui awak media.

Baca Juga :  Hasrat Bejat Ayah Biadab yang Jadikan Dua Anaknya Sebagai Budak Seks

Harapan itu juga selaras dengan keinginan pemerintah daerah untuk meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi. Teluk Segintung yang digadang-gadang bisa mendongkrong tersebut berangsur-angsur dibenahi.

“Sayang bila usulan ini tidak kita proyeksikan, karena bongkar muat kapasitas besar hanya bisa dilakukan di Sampit. Padahal kita juga punya pelabuhan sendiri,” ujarnya.

Selanjutnya, akan dilakukan Survei dan Uji Kelayakan sesuai usulan dan data potensi pemanfaatan yang sampaikan UPP Teluk Segintung.

Adhian Noor juga menyampaikan untuk jalan menuju pelabuhan teluk segintung yang masih terkendala rusak juga akan diperbaiki. Diperkirakan panjang jalan rusak tersebut 8 kilometer, dan sudah dilakukan tahapan pengukuran untuk perbaikan.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya juga telah koordinasi ke Dinas PUPR Provinsi Kalteng terkait Peningkatan Jalan Kuala Pembuang – Pelabuhan Segintung untuk mendukung Usulan Kantor UPP Teluk Segintung dalam Peningkatan Daerah Lingkungan Kepelabuhan (DLKp). (rdw/fm)



Pos terkait