Tertibkan Permainan Meriam Paralon

meriam paralon
PENERTIBAN: Aparat kepolisian dan unsur TNi serta dan Ketua RT 02, Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar saat menyita meriam paralon dari tangan anak-anak, belum lama ini.

PANGKALAN BUN – Belasan Leduman atau meriam paralon di kawasan Kelurahan Raja Seberang disita Bhabinkamtibmas setempat. Hal itu sebagai respon atas laporan masyarakat yang mulai terganggu dengan suara letusan meriam berbahan bakar spiritus tersebut.

Bhabinkamtibmas Raja Seberang Bripka Japar mengungkapkan bahwa leduman yang dibunyikan anakanak, terutama saat pagi dan sore hari menjelang berbuka puasa juga mendapat perhatian dari RT setempat.

Bacaan Lainnya

“Kita berikan pengertian secara persuasive kepada anak-anak bahwa permainan tersebut selain berbahaya juga mengganggu ketenangan warga,” katanya.

Setelah leduman-leduman tersebut disita, maka akan segera dimusnahkan agar tidak digunakan lagi. “Kita bersama Ketua RT melakukan penyitaan terhadap leduman-leduman tersebut,” lanjutnya.

Ia berharap dengan penyitaan leduman tersebut maka, dalam bulan suci Ramadan ini umat muslim dapat tenang dan khusuk dalam menjalankan ibadah.

Sementara itu penyitaan leduman dari tangan anak-anak bantaran tersebut disambut positif oleh para orang tua. Sejatinya mereka sudah memperingatkan anak-anaknya, namun karena banyak yang bermain sehingga ikut-ikutan membuat.

Baca Juga :  PT.Najah Hurrahman Pangkalan Bun Ikuti Simulasi Umrah Perdana Bersama Amphuri

Menurut mereka, kalau anak-anak sudah berkumpul dan saling serang, maka suara leduman saling bersahutan dan memekakkan telinga. “Kasihan orang tua (lansia), bayi, kita takut kalau leduman itu meledak dan mencelakakan anak-anak,” kata Ratna, salah satu warga setempat.

Diketahui bahwa leduman pada zaman dahulu merupakan mainan bagi anak-anak di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk menyambut dan merayakan Bulan Ramadan. Meriam berbahan utama paralon dan kaleng kemasan makanan itu dirakit sedemikian rupa. Menggunakan bahan bakar spiritus yang disemprotkan dengan spray, leduman akan mengeluarkan suara ledakan keras saat disulut dengan pematik api yang  berasal dari bekas korek gas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *