Tiga Paslon Capres – Cawapres Optimistis Menang Diluar Pulau Jawa

warga mengamati baliho pasangan capres cawapres ri pemilu 2024 di pinggir jalan kertek, wonosobo, jawa tengah, kamis (11/1/2024).
Warga mengamati baliho pasangan capres - cawapres RI Pemilu 2024 di pinggir jalan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). KPU RI menargetkan partisipasi pemilih Pemilu 2024 secara nasional sekitar 79,5 persen.. FOTO ANTARA/Anis Efizudi/tom.

JAKARTA, radarsampit.com – Meski Jawa menjadi lokasi paling seksi dalam menentukan kontestasi pemilu, provinsi-provinsi diluar Jawa tidak bisa dianggap sepele. Apalagi, untuk menentukan pemilu satu putaran, tidak cukup hanya dengan memenangi suara 50 persen plus 1 suara. Melainkan juga syarat sebaran wilayah.

Sesuai pasal 6A Undang-undang Dasar 1945, paslon juga wajib menang di separuh provinsi yang ada di Indonesia. Di mana masing-masing provinsi tersebut harus menang diatas 20 persen perolehan suara.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Iwan Tarigan mengatakan pihaknya optimistis kemenangan akan diraih Amin hari ini. Dia mengklaim, dari beberapa survei kredibel, Amin bisa meraup suara nasional sekitar 40%.

”Jawa dan luar Jawa kami optimistis (menang, Red),” kata Iwan saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2024).

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menambahkan, sejak awal pihaknya optimistis memenangkan pilpres. ”Dari awal kami optimis (menang, Red),” kata Anies, kemarin. Meski sejumlah survei kerap menempatkan posisi Amin di urutan kedua dan ketiga, Anies tidak terlalu menyoalnya.

Baca Juga :  Ribuan Pantarlih Kotim Dilantik Hari Ini

”Saya selalu ditanyain (survei, Red) nomor tiga, nomor tiga, nggak apa-apa, lihat saja nanti,” imbuhnya.

Anies pun mengajak semua pihak untuk sama-sama berbondong-bondong menjaga tempat pemungutan suara (TPS). Dia juga mengajak untuk sama-sama memantau penghitungan suara.

”Proses di dalam TPS itu adalah proses yang terbuka, yang dirahasiakan hanya dalam bilik suara. Di luar bilik suara itu boleh dipantau,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran optimis bisa mendominasi perolehan suara di Luar Jawa. Wakil Ketua TKN Afriansyah Noor mengklaim pasangan calon nomor urut 2 akan menyapu bersih mayoritas provinsi diluar Jawa. “Insya allah kami diluar jawa menang semua,” ujarnya saat dihubungi.

Pengecualian, lanjut Ferry, hanya terjadi di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Barat. Diakuinya, dua provinsi tersebut cukup berat untuk dimenangkan paslon 2. “Belum bisa kita pastikan itu Aceh dan Sumatera Barat,” imbuhnya.



Pos terkait