Tingkatkan Kemampuan Melumpuhkan Penjahat, Polres Kotim Latihan Bela Diri

polres kotim
LATIHAN: Personel Polres Kotim latihan bela diri di halaman Mapolres Kotim, Selasa (19/7). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Guna meningkatkan kemampuan diri, terutama dalam hal bela diri, puluhan personel Polres Kotawaringin Timur (Kotim) melalukan latihan bela diri di halaman Mapolres Kotim, Selasa (19/7).

Kegiatan yang dipimpin Kabag SDM Polres Kotim Kompol Sudirman itu dilakukan dengan penuh semangat para personel. Selain dapat menyehatkan badan, juga melatih keterampilan bela diri.

Bacaan Lainnya

Kepala Polres Kotim AKBP Sarpani mengatakan, tujuan latihan bela diri tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan melatih fisik setiap individu personel. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan.

”Bela diri ini sangat penting untuk bekal pelaksanaan tugas di lapangan. Untuk itu, setiap anggota Polri wajib menguasai teknik melumpuhkan lawan dan membawa tahanan,” kata Sarpani.

Di samping itu, bela diri juga dijadikan sebagai salah satu persyaratan bagi anggota yang akan naik pangkat. Oleh karenanya, harus sering dilatih agar saat akan ada ujian kenaikan pangkat, personel sudah dapat mempersiapkan diri.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan, Polres Kotim Tempel Ketat Pengiriman Logistik Pemilu

”Latihan mulai dari gerakan dasar bela diri Polri, seperti pukulan, tendangan, tangkisan, dan jatuhan. Kemudian ditambahkan teknik melumpuhkan dan cara membawa tahanan dengan menggunakan tangan kosong,” jelasnya.

Dia melanjutkan, bela diri harus sering dilatih agar gerakan tidak salah. Pasalnya, apabila salah, akan berakibat fatal bagi personel dalam pelaksanaan tugas sehari hari maupun bagi terduga pelaku kejahatan. (sir/ign)



Pos terkait