TNI AL Dukung Acara Syukuran Laut di Kecamatan Jelai

tni al
SYUKURAN: Prajurit Posal Kuala Jelai beserta instansi lainnya memberikan dukungan pengamanan di perairan selama prosesi ritual syukuran laut di Kabupaten Sukamara. (istimewa)

SUKAMARA, radarsampit.com – Acara puncak Syukuran Laut Ke-18 yang di gelar di lapangan sepak bola Iskandar Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara dipimpin oleh Penjabat Bupati Sukamara, Kaspinor pada Jumat (12/1/2024). Acara ini juga dihadiri Komandan Pos TNI Angkatan Laut (AL) Kuala Jelai, Kabupaten Sukamara Peltu Akhmad Fakhmy Nor.

Sebelumnya pada tanggal 8 Januari 2024 masyarakat Kuala Jelai menggelar rangkaian acara syukuran laut dengan melaksanakan ritual di atas Kapal KM Perintis dari Sungai Kuala Jelai menuju muara. Prajurit Posal Kuala Jelai beserta instansi lainnya memberikan dukungan pengamanan di perairan selama prosesi ritual berlangsung.

Bacaan Lainnya

“Syukuran Laut tersebut dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil tangkapan selama setahun. Kita dalam hal ini ikut andil dalam hal pengamanan kegiatan tersebut,” ungkap Peltu Akhmad Fakhmy Nor.

Baca Juga :  Petugas dan Warga Binaan Lapas Memilih di TPS Khusus

Menurut masyarakat setempat kegiatan ini memiliki nilai budaya luhur yang akan terus dilestarikan dan merupakan aset budaya yang memiliki nilai ekonomis dan religius.

Danposal Kuala Jelai mengaku akan ikut mendukung sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yakni siap mengawal acara tersebut hingga selesai dengan aman dan tertib. Kegiatan yang diikuti warga dan nelayan setempat itu dirangkai dengan tabur bunga dan pemotongan nasi tumpeng di atas anjungan wisata. (sam)



Pos terkait