TP PKK Kotim Perjelas Tugas PKK Pokja I dan Pokja II

tp pkk kotim
SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kelembagaan PKK Pokja 1 dan Pokja 2 di Kecamatan Telawang. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com  – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hadir di Kecamatan Telawang untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kelembagaan PKK Kelompok Kerja (Pokja) I dan Pokja II di Kecamatan Talawang.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Kotim Khairiah Halikinnor. Pihaknya menjelaskan terkait dengan tugas dari Pokja I dan Pokja II.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Pada kunjungan di Kecamatan Telawang kami akan menyampaikan terkait dengan kelembagaan Pokja I dan II agar lebih dipahami oleh para anggotanya,” kata Khairiah.

Disampaikannya, Pokja I yang mengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila dan program gotong royong memiliki tugas untuk memantapkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, saling menghormati dan menghargai dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Tugas lain adalah meningkatkan ketahanan keluarga dalam rangka mewujudkan kesadaran setiap warga tentang penghayatan dan dan pengamalan Pancasila Melalui pembinaan kesadaran bela negara,” tuturnya.

Baca Juga :  Rice Milling Plant Ditargetkan Rampung Tahun Ini 

Selanjutnya, memantapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga serta perlindungan anak melalui lokakarya, juga memberdayakan kelompok lanjut usia (lansia) dalam kegiatan yang produktif dan menjadi teladan dalam keluarga.

Prioritas program dari kelembagaan Pokja I terkait penghayatan dan pengamalan Pancasila adalah menumbuhkan ketahanan keluarga melalui kesadaran bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, perlu dilaksanakan pemahaman secara, pola asuh anak dan remaja.

Kemudian, prioritas program gotong royong, prioritas kegiatan gotong royong dilaksanakan dengan membangun kerja sama yang baik antarsesama keluarga, warga, dan kelompok untuk mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, kelembagaan Pokja 2 yang mengelola program pendidikan dan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, memiliki tugas untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan dalam keluarga, peningkatan jenis dan mutu kader peningkatan pengetahuan TP-PKK dan kelompok PKK serta Dasawisma melalui penyuluhan orientasi dan pelatihan.



Pos terkait