Upaya Peningkatan SDM Tenaga Kontrak Kotim

Kian Mudah, Tetap Bisa Kuliah tanpa Meninggalkan Pekerjaan

tekon kotim
SOSIALISASI: Sosialisasi terkait program RPL di UMPR Kotim yang dihadiri puluhan tenaga kontrak di Aula Sei Mentaya, Kantor Bappelitbangda Kotim, Kamis (21/12/2023).(HENY/RADAR SAMPIT)

Meningkatkan pendidikan formal pegawai tenaga kontrak maupun honorer dinilai penting dilakukan. Hal tersebut untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang tentunya berujung pada perbaikan kinerja dan pelayanan pada masyarakat.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Peningkatan SDM tenaga kontrak dapat dilakukan salah satunya dengan mengikuti pembelajaran melalui program rekognitif pembelajaran lampau (RPL) yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR).

”Saya berharap seluruh tenaga kontrak terus mengupgrade pendidikan dan mengasah kemampuannya dengan melanjutkan pendidikan formal. Di masa sekarang, kuliah sudah semakin mudah, tidak lagi harus turun ke kampus, tetapi bisa kuliah melalui zoom meeting dengan tidak meninggalkan pekerjaannya sebagai pegawai,” kata Irawati, Wakil Bupati Kotim, Kamis (21/12/2023).

Kemudahan melanjutkan pendidikan formal di perguruan tinggi itu dapat dilakukan tidak hanya melalui program kuliah regular seperti pada umumnya yang harus datang ke kampus untuk mengikuti perkuliahan tatap muka. Pemerintah pusat telah menyediakan program RPL, di mana pegawai kontrak yang masih berpendidikan setara SMA dan Strata-1 bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

Baca Juga :  Detik-Detik Kecelakaan Beruntun di Jalur Sampit-Pangkalan Bun

”Masih banyak tenaga kontrak dan honorer yang berpendidikan setara SMA dan S-1 di Kotim. Karenanya, pegawai yang belum memiliki gelar pendidikan formal dapat memperoleh pengakuan resmi yang dapat diikuti melalui program RPL. Program ini  dapat menjadi peluang bagi masyarakat umum terutama tenaga kontrak untuk menambah pengetahuan dan keterampilannya,” kata Irawati saat membuka kegiatan sosialisasi peningkatan SDM melalui program RPL di Aula Sei Mentaya Kantor Bappelitbangda Kotim, Kamis (21/12).

Menurutnya, kemampuan dan kompetensi pegawai kontrak dan honorer di Kotim harus terus ditingkatkan. Hal itu bisa didapatkan dengan mendaftar kuliah melalui jalur program RPL di UMPR.

”Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi program RPL di UMPR yang tentunya menjadi tujuan dalam percepatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang secara terus menerus akan Pemkab Kotim upayakan,” ujar Irawati yang juga mengaku berkuliah di UMPR.



Pos terkait