Waduh, Daftar Tunggu Vaksinasi Membeludak

Mencapai 7.000 Orang, Antusiasme Warga Sangat Tinggi

ANTUSIASME TINGGI: Warga saat menerima suntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Baamang I, Rabu (7/7). Hingga kini, antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Daftar tunggu masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk vaksinasi tahap kedua minggu ini mencapai 7.000 orang. Hal tersebut memperlihatkan tingginya antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin tersebut.

”Hitungan kami dalam minggu ini sekitar 7.000 orang daftar tunggu vaksin kedua untuk seluruh Kotim. Belum lagi untuk minggu depannya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Kamis (8/7).

Bacaan Lainnya
Berita Kehilangan

Pihaknya belum mendapat kepastian Kotim mendapatkan kiriman vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). ”Kami belum dapat kabar dari dinkes provinsi kapan datang vaksin berikutnya,” ujarnya.

Untuk vaksin jenis Sinovac yang telah datang di Kotim ada sekitar 4.000 dosis. Jumlah tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan vaksin untuk dosis kedua.

Umar menambahkan, jumlah dan dosis vaksin yang terbatas menjadi kendala teknis selama jatah dropping vaksin masih terbatas. Secara teknis, menghambat realisasi capaian vaksinasi di wilayah ini.

”Pasti menghambat. Kami sekarang lagi gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi, tapi di sisi lain hal ini tidak diimbangi dengan dropping vaksin dari provinsi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selama dropping vaksin lancar, maka cakupan pelaksanaan terus diperluas, sehingga dapat memenuhi sasaran vaksinasi.

Baca Juga :  Vaksinasi Ditarget Selesai Oktober

Umar menuturkan, cakupan vaksinasi Covid-19 saat ini terus bertambah seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk divaksin. Bahkan, antusiasme masyarakat juga menyebabkan membeludaknya daftar tunggu untuk vaksinasi pertama.

”Untuk pelaksanaan vaksinasi kami menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin,” imbuhnya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengoordinasikan hal tersebut dengan pihak provinsi agar vaksinasi yang didistribusikan sesuai dengan kuota yang diajukan kabupaten.

Sementara itu, fokus pelaksanaan vaksinasi tahap kedua berlangsung di beberapa lokasi seperti di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), Puskesmas Ketapang I Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, maupun di Puskesmas Baamang I Kecamatan Baamang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.