Adu Kreativitas dari Tutup Botol Bekas 

kerajinan tangan
KERAJINAN: Hasil kreativitas peserta lomba hasta karya di Kecamatan Bulik, kemarin (13/10/2023). 

NANGA BULIK, radarsampit.com – Bekas tutup botol minuman bisa disulap menjadi berbagai jenis benda yang cantik dan bernilai jual tinggi. Menariknya, yang membuat kerajinan ini adalah anak-anak SD.

Dengan teknik ikat, tempel, jahit, dan ditambahi sedikit hiasan, jadilah berbagai jenis hiasan meja, toples, tas, bak sampah, tempat tisu, dan lainnya.  “Ini merupakan hasil kreativitas anak-anak peserta Kemsa yang mengikuti lomba hasta karya. Ada 18 peserta dari SD sekecamatan Bulik, dan hasilnya luar biasa,” ungkap Yeti, juri lomba hasta karya, Jumat (13/10/2023).

Bacaan Lainnya

Meskipun masih SD, kreativitas mereka sudah cukup baik. Hanya ada beberapa kerajinan yang masih kurang rapi. “Ada beberapa aspek yang kita nilai, diantaranya kerapian, kreativitas, nilai seni, dan nilai jual. Sebagian besar sudah baik, bahkan ada yang sudah punya nilai jual,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalan Kecamatan Batangkawa Kabupaten Lamandau Rusak Parah 

Melalui lomba ini, kreativitas anak-anak digali untuk bisa menghasilkan sebuah karya. Diharapkan ke depan mereka bisa lebih mencintai Bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan, mampu mengolah sampai menjadi barang yang memiliki nilai lebih.

Diketahui perkemahan bersama Pramuka penggalang (Kemsagalang) V tahun 2023 digelar di lapangan sepak bola Desa Sumber Mulya Kecamatan Bulik, dengan diikuti oleh belasan gugus depan SD sekecamatan Bulik. Kemah digelar sejak Kamis (12/10) hingga Sabtu (14/10) dan diisi berbagai kegiatan positif yang sangat membangun kreativitas anak-anak Pramuka. (mex/yit)

 



Pos terkait