Berdayakan Masyarakat Desa Runtu, PT GSIP – AMR Salurkan 300 Ekor Bebek Petelur

Kembangkan Peternakan Bebek Petelur Berkelanjutan

bebek 1
PEMBERDAYAAN: Asisten CSR PT GSIP-AMR, Heru Tri Oktavianto menyerahkan 300 ekor bebek petelur dan 750 kilogram pakan bebek kepada tiga kelompk tani di Desa Runtu. (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

Kepala Desa Runtu Julian Syahri mengucapkan terima kasih kepada PT GSIP-AMR karena selama ini telah menjalankan program pemberdayaan masyarakat di bidang peternakan. “Kami berharap program ini bisa berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian di masyarakat Desa Runtu,” katanya.

Menurutnya sampai saat ini budidaya bebek masih sangat menjanjikan. Karena, bebek memiliki daya tahan yang cukup tinggi dari serangan penyakit, termasuk flu burung. Ini tidak lepas dari faktor bawaan (carrier) bebek yang memang memiliki kekebalan terhadap serangan virus tersebut.

bebek 2
Program Astra Kreatif

Di samping itu, budidaya bebek petelur juga memiliki beberapa keuntungan. Pertama, dari segi pemeliharaan, beternak bebek memang lebih mudah dibandingkan dengan beternak ayam. Tak hanya itu kegiatan yang dilakukan lebih sedikit, beternak bebek juga tidak dipusingkan dengan jadwal vaksin yang harus dilakukan terhadap unggas.

Dari segi pakan, banyak bahan yang bisa dijadikan pakan campuran dengan konsentrat. Seperti katul, jagung, karak nasi, roti kedaluwarsa, krupuk kedaluwarsa, menir, dan lain-lain. (sla)

 



Baca Juga :  Setahun Lebih Stop Operasional, Citilink Kembali Terbangi Pangkalan Bun

Pos terkait