Kebakaran Lahan Dekat Pemukiman Bikin Panik Warga

KEBAKARAN SERUYAN
KEBAKARAN LAHAN : BPBD dan Damkar memadamkan kebakaran lahan yang terjadi dekat pemukiman warga jalan Ki Hajar Dewantara, Kuala Pembuang, Seruyan, Senin (16/10/2023). (M. RIFANI DEWANTARA/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Kebakaran lahan berdekatan dengan pemukiman masyarakat kembali terjadi di kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Senin (16/10/2023) pagi sekira pukul 09.30 WIB.

Kali ini terjadi di sekitaran jalan Ki Hajar Dewantara Kota Kuala Pembuang. Lahan yang terbakar dekat pemukiman bikin panik warga dan menjadi salah satu kendala pemadam kebakaran oleh BPBD Seruyan lantaran minimnya suplai air.

Bacaan Lainnya

Kabid Pemadam, Penyelamatan dan Sarana Prasarana, Nurhadian melalui Kasi Pemadaman kebakaran Nanang Kosim mengatakan, hampir empat  jam untuk memadamkan api yang melahap lahan milik masyarakat, hal itu karena terkendala pasokan air yang tidak cukup akibat kemarau.

“Hampir empat jam kami berusaha memadamkan, kebakaran dekat dengan rumah warga yang tentu menjadi prioritas penyelamatan kita dulu,” kata Nanang Kosim.

Nanang mengatakan untuk luasan lahan dan penyebab kebakaran sementara masih belum diketahui, pasalnya kebakaran terjadi di empat titik api yang berdekatan dengan permukiman warga. “Kita menurunkan empat unit mobil pemadam, dan 30 anggota untuk Damkar, belum ditambah dengan BPBD Seruyan yang membantu di titik api depan,” ujarnya.

Baca Juga :  Diduga Akibat Genset, Gudang di Palangkara Raya Terbakar

Nanang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan secara sembarangan, dan apabila punya lahan yang berdekatan dengan pemukiman harus wajib dibersihkan secara berkala. “Bersihkan rumput yang kering yang dapat memicu munculnya api dan mudah terbakar,” imbaunya. (rm-105/fm)



Pos terkait