Kerusakan Jalan Kian Parah, Pemkab Katingan Sebut Anggaran Terbatas

jalan rusak katingan
RUSAK PARAH: Ruas jalan kabupaten menuju Tumbang Kaman dalam kondisi rusak parah, Senin (17/6/2024). (IST/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, radarsampit.com – Ruas jalan kabupaten di Tumbang Kaman, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan rusak parah. Sejumlah titik ruas jalan berlubang dan berlumpur, yang membuat banyak kendaraan terperosok.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Katingan Filado mengatakan, sejumlah titik jalan yang berlubang dipengaruhi truk tronton bermuatan kayu log. Ditambah truk sawit yang melintas pada ruas jalan kabupaten yang menghubungkan wilayah utara tersebut.

Bacaan Lainnya

Meski rusak parah, Pemkab Katingan belum merencanakan perbaikan tahun ini. ”Perbaikan kerusakan jalan tahun ini hanya dilakukan sampai Desa Samba Bakumpai. Alasannya, karena alokasi anggaran yang dimiliki pemerintah daerah terbatas,” katanya.

Dia melanjutkan, karena ruas jalan itu masih ranah pemerintah kabupaten, penanganannya dilakukan bertahap. Masyarakat diminta bersabar terkait perbaikan yang dilakukan pemerintah.

Filado menambahkan, Surat Edaran Penjabat Bupati Katingan pada 7 Juni 2024 lalu mengingatkan pengusaha pertambangan, perkebunan, dan kehutanan agar mematuhi aturan saat menggunakan ruas jalan milik kabupaten. Alasannya, ruas jalan kabupaten itu merupakan jalan kelas tiga dengan maksimal muatan delapan ton. (sos/ign)



Baca Juga :  Pencabutan Izin Belum Pasti, Kayu Tumbang Ramei Mulai Dijarah

Pos terkait