Kotim Kirim 184 Kontingen, Ikuti 17 Cabang Lomba di FBIM 2024

fbim kotim
PELEPASAN : Pelepasan kontingen Kotim yang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 di Aula Rujab Bupati Kotim diberangkatkan ke Kota Palangka Raya, Jumat (17/5/2024) pagi. (HENY/RADARSAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 184 kontingen asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diberangkatkan menuju Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang dilaksanakan mulai 17-23 Mei 2024.

“Festival Budaya Isen Mulang dan Fesrival Kuliner Nusantara akan dibuka di GOR Indoor Serbaguna jam 19.00 WIB. Pagi ini (kemarin) kontingen Kotim diberangkatkan untuk mengikuti lomba,” kata Bima Ekawardhana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim dalam acara pelepasan kontingen FBIM di Aula Rujab Bupati Kotim, Jumat (17/5).

Bacaan Lainnya
Gowes

Lomba akan dilaksanakan di empat titik lokasi yaitu di GOR Serba Guna Jalan Tjilik Riwut KM 5, Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, Bundaran Besar Palangka Raya dan Bawah Jembatan Kahayan.

“184 kontingen Kotim yang diberangkatkan terdiri dari 160 peserta lomba, 8 orang panitia inti dan pelatih koordinator pendamping sebanyak 16 orang,” sebut Bima.

160 peserta asal Kotim akan mengikuti 17 cabang lomba yaitu lomba Pawai Budaya, Mangenta, Malamang,  Panginan Sungkup Simpan, Sepak Sawut, Balogo, Habayang, Jukung Tradisional, Besei Kambe, Manyipet, Lawang Sakepeng, Mangaruhi, Karungut, Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata, Maneweng Menetek Tuntang Manyila Kayu, Tari Pesisir, dan Tari Pedalaman.

Baca Juga :  TP PKK Tegaskan Stunting Jadi Persoalan Serius

“Dari 19 cabang lomba, peserta dari Kotim hanya mengikuti 17 cabang lomba. Sedangkan, lomba Perahu Hias dan Paduan Suara Lagu Daerah tidak diikuti,” katanya.

Bima mengatakan meskipun tidak semua cabang lomba diikuti, peserta dari Kotim unggul dalam perlombaan sepak sawut, lawang sekepeng dan balogo.

“Target kami mudah-mudahan dari beberapa lomba yang diikuti bisa dimenangkan oleh peserta asal Kotim,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Kotim Irawati yang melepas kontingen Kotim mengikuti FBIM berpesan kepada peserta agar tampil maksimal dalam setiap cabang lomba yang diikuti.

“Saya berpesan agar seluruh kontingen dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab. Kalian terpilih sebagai duta Kotim pada kegiatan Festival Budaya Isen Mulang. Tunjukkanlah kemampuan terbaik dan jangan lupa berdoa dan peserta lomba agar menjaga nama baik Kotim melalui sikap dan perilaku selama mengikuti kegiatan,” kata Irawati.



Pos terkait