Mengenal Lebih Jauh soal Kecemasan (Anxyetas)

dokter ayu indra rumpa
Dokter Ayu Indra Rumpa

Oleh: dr Ayu Indra Rumpa*

Perasaan cemas dan khawatir tentang sesuatu hal merupakan hal yang wajar dirasakan sesekali oleh siapa saja. Contohnya dalam pekerjaan, pendidikan, pergaulan, atau dihadapkan dengan situasi yang tidak diinginkan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, di saat rasa khawatir tidak kunjung reda sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, kecemasan dapat menjadi suatu masalah yang berat. Namun, kecemasan ini sebenarnya dapat diatasi denagan penanganan yang tepat, misalnya penanganan dari tenaga kesehatan jiwa, serta usaha untuk membangun kemampuan secara positif.

Apakah itu kecemasan? 

Kecemasan/Anxyetas merupakan perasaan yang muncul ketika kita khawatir atau takut akan suatu hal. Rasa takut dan panik ini merupakan hal yang normal. Saat rasa takut dan panik muncul, kemudian setelah bebarapa waktu kita menjadi tenang dan nyaman kembali, rasa takut dan panik ini baru dapat dikatakan normal.

Baca Juga :  Klinik Polda Kalteng Layani Masyarakat Umum

Rasa khawatir dan takut dalam batas tertentu sesungguhnya dapat membantu menjaga kita, bahkan dapat melindungi dalam keadaan bahaya. Akan tetapi, rasa cemas yang berlangsung lama dan berkepanjangan akan menyebabkan kecemasan yang menyebabkan gangguan.

Jika kecemasan yang terjadi membuat kita tidak dapat melakukan hal-hal yang biasanya kita sukai atau membuat kita khawatir ataupun mudah panik tanpa sebab yang jelas, itu merupakan hal yang tidak wajar. Sangat penting mengetahui dan membantu orang yang jatuh dalam kondisi ini untuk pulih. Termasuk dengan mencarikan dukungan yang diperlukan.

Bagaimana gejala kecemasan?

Gejala kecemasan dapat timbul jauh setelah suatu kejadian yang membuat seseorang stress. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui gejala yang timbul, sehingga dideteksi sejak dini.

Pos terkait