Minim Penerangan, Jalan Tjilik Riwut Rawan Kecelakaan

kecelakaan
CELAKA : Truk terguling akibat menabrak median di ruas Tjilik Riwut, Kota Kasongan, Katingan, belum lama ini. (HARI SUSILO/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, radarsampit.com – Minimnya lampu penerangan di jalan lintas Tjilik Riwut, Kota Kasongan, Kabupaten Katingan sering memicu kecelakaan lalu lintas. Akibatnya, kendaraan berat kerap kali mengalami oleng bahkan menabrak trotoar atau median di jalur tersebut.

Peristiwa kecelakaan tercatat beberapa kali terulang di jalan yang menjadi penghubung antarkabupaten ini. Bahkan, nyawa pun menjadi taruhan dan banyak menelan korban.

Bacaan Lainnya

Kasatlantas Polres Katingan AKP Hariyanto menyebutkan, periode Januari hingga Maret 2024 ada beberapa insiden kecelakaan di jalur Tjilik Riwut. Ketika diperiksa, sopir pengendara mengakui mengalami kendala karena kondisi badan jalan dan minimnya penerangan.

“Iya ini yang diharapkan kepada pemerintah daerah agar jalan ada penerangan yang memadai. Sehingga tidak menyulitkan pengendara pada malam hari,” kata Hariyanto, Selasa (26/4/2024).

Meski pun ada median atau pembatas jalan, kecelakaan masih saja bisa terjadi. Selain karena faktor kelelahan dari pengendara kendaraan berat juga karena kondisi jalan.

Baca Juga :  Satu Rumah di Harapan Baru Ludes Terbakar Dini Hari

Tiga bulan terakhir, ada dua truk yang menabrak median jalan Tjilik Riwut, Kota Kasongan. Terakhir, Februari lalu, sebuah truk CPO menabrak pembatas jalan di depan RSUD Mas Amsyar.

Kemudian, bulan Maret, truk CPO terguling karena menabrak median jalan tepat di Sekretariat KNPI.

“Kejadian ini sangat disayangkan. Saya harap para pengendara dapat berhati-hati melintas dengan tidak melebihi kecepatan,” imbaunya. (sos/fm) 



Pos terkait