Minum Kopi dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

kopi hitam
Ilustrasi kopi hitam/ Sumber: Freepik.com/stocking

Siapa yang menyangka bahwa secangkir kopi bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Ya, meski banyak pro dan kontra minuman satu ini, namun jika dinikmati dengan benar, kopi banyak membawa manfaat.

Dilansir dari American Diabetes Association, Jumat (1/3/2024), minum secangkir kopi disebutkan bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Bacaan Lainnya

Hal ini dikarenakan, kafein yang terdapat dalam kopi, telah terbukti memiliki efek positif pada metabolisme glukosa dalam tubuh.

Kafein dapat meningkatkan sensitivitas insulin, hormon yang membantu mengatur kadar gula darah, sehingga membantu tubuh dalam menggunakan glukosa dengan lebih efisien.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tiga fakta menarik yang menunjukkan bahwa minum kopi memiliki potensi untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

1. Kandungan Kafein dalam Kopi

Salah satu alasan utama mengapa kopi dapat membantu menurunkan kadar gula darah adalah karena kandungan kafeinnya.

Baca Juga :  Ternyata Sudah Ada 108 Petugas Pemilu 2024 Meninggal Dunia

Kafein telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

Dengan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, kopi dapat membantu mengontrol gula darah, terutama pada individu dengan resistensi insulin.

2. Antioksidan dalam Kopi

Kopi juga kaya akan antioksidan, terutama jenis polifenol, yang memiliki efek melindungi terhadap kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme glukosa dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi kopi secara teratur, Anda juga memberikan dukungan tambahan bagi kesehatan sel-sel tubuh Anda.

3. Efek Kopi pada Metabolisme

Selain kafein dan antioksidan, rasa pahit pada kopi juga dapat memengaruhi metabolisme tubuh Anda secara keseluruhan.

Minum kopi telah terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme, yang berarti tubuh Anda akan lebih efisien dalam mengolah glukosa menjadi energi.

Dengan demikian, mengonsumsi kopi dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah yang berbahaya. (jp)



Pos terkait