Operasi Zebra Berburu Pelanggar Lalu Lintas

operasi zebra
GELAR PASUKAN : Kapolres Kotim AKBP Sarpani dan Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono menyematkan pita tandanya dimulai Operasi Zebra Telabang 2022, Senin (3/10) FAHRY/ALEXANDER/RADAR SAMPIT

SAMPIT,Radarsampit.com – Operasi Zebra Telabang 2022 kembali digelar Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) di seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres).

Ada beberapa hal menjadi sasaran prioritas Kepolisian Lalu Lintas (Polantas). Salah satunya masyarakat diminta patuh terhadap segala aturan saat berkendara.

Bacaan Lainnya

Dimulainya operasi ini, terlebih dahulu melaksanakan apel gelar pasukan digelar di jajaran Polres, Senin (3/10).

Di Kabupaten Kotawaringin Timur. Apel diikuti petugas gabungan mulai dari TNI, Dinas Perhubungan dan lainnya.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani mengungkapkan, ada tujuh sasaran pelanggaran yang menjadi prioritas dalam operasi, yakni mulai dari pengemudi di bawah umur, pengemudi pengaruh alkohol.

Lalu berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan sabuk  pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, serta kendaraan yang melebihi kapasitas.

”Diharapkan dengan digelarnya Operasi Zebra Telabang ini, masyarakat terutama pengendara agar lebih mentaati peraturan berlalu lintas di jalan raya,” kata Sarpani.

Baca Juga :  THM Dilarang Buka Selama Ramadan

Selain tujuh sasaran yang fokus dalam operasi itu, pihaknya juga mengedepankan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku aksi balap liar maupun pengguna knalpot brong.

”Untuk knalpot brong, itu sudah pasti. Apabila ditemukan, akan langsung kami tindak. Karena ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi sasaran kami setiap hari,” kata Sarpani.

Sementara, Polres Kapuas juga siap menggelar Operasi Zebra Telabang tahun ini yang dilaksanakan mulai tanggal 3 – 16 Oktober 2022.

Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono menjelaskan operasi ini dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Sebelum dimulainya Operasi Zebra Telabang 2022, sudah tentu diharapkan adanya kesiapan baik personel maupun perlengkapan demi menyukseskan kegiatan ini,” tegasnya. (sir/der/fm)

 

Pos terkait