Palangka Raya Hasilkan 150 Ton Sampah Per Hari, TPA Hanya Mampu Menampung Beberapa Tahun Lagi

depo sampah
SAMPAH : Depo sampah yang beroperasi di Jalan Garuda Kota Palangka Raya menjadi salah satu tempat pembuangan limbah rumah tangga setiap hari. (DODI/RADAR PALANGKA)

Achmad Zaini mengatakan, sarana prasarana penunjang, teknologi pengolahan sampah hingga tenaga kebersihan menjadi hal yang tetap diperhatikan dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya.

“Dalam pengelolaan sampah tentunya perlu didukung sarana prasarana seperti tempat pembuangan sampah, truk pengangkut sampah. Kemudian teknologi pengolahan sampah hingga tenaga kebersihan yang mencukupi,” ungkap Zaini.

Bacaan Lainnya

Pemko Palangka Raya juga terus berupaya memperbanyak sarana prasarana pendukung pengelolaan sampah. Seperti Tempat Penampungan Sementara (TPS), Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu (TPST), depo, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), serta pusat daur ulang.maupun bank sampah.

Zaini menyebutkan, untuk TPA 10 hektar dan sudah dibangun lebih dari 10 tahun lalu, artinya sekitar hari ratusan ton maka sudah masuk dan sel-sel penampungan sudah terisi,namun masih bisa dimaksimalkan hingga beberapa tahun kedepan.

“Salah satunya memanfaatkan timbunan yang mengendap dan sudah menjadi tanah untuk dimanfaatkan menimbun lokasi lain. Kami ingin membeli tanah untuk lokasi TPA baru namun belum ada bantuan dari pusat,” tandasnya. (daq/fm)

Baca Juga :  Pemko Palangka Raya Jalin Sinergitas dengan Ditjen Perbendaharaan

 



Pos terkait