Pemudik Makin Meningkat, Bandara Tjilik Riwut Kian Padat

bandara
KIAN SIBUK: Bandara Tjilik Riwut semakin dipadati calon penumpang masa musim mudik Lebaran tahun ini, Selasa (2/4/2024). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya kian dipadati pemudik Lebaran tahun ini. Jumlah pengunjung bandara terbesar di Kalteng itu melonjak drastis dibanding hari-hari sebelumnya.

Peningkatan juga diakibatkan adanya penambahan penerbangan maskapai Batik Air dengan tujuan Jakarta dan Surabaya. Dalam sehari, jumlah penumpang yang berangkat mencapai 1.600 orang, meningkat sekitar 2-5 persen dari hari biasa.

Bacaan Lainnya

”Menjelang Idulfitri 1445 Hijriah dan libur panjang, penumpang di bandara meningkat. Sampai Selasa ini, kami mencatat ada sebanyak 1.400-1.600 penumpang tiap harinya,” kata General Manajer PT Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Ardha Wulanigara, Rabu (2/4/2024).

Dia melanjutkan, puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-4, dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 2.600 orang. Adapun puncak arus balik setelah Lebaran, diperkirakan terjadi pada H+4, dengan perkiraan jumlah penumpang 2.500 orang.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait untuk membuat posko gabungan guna monitoring angkutan Lebaran yang akan dimulai pada 3-18 April 2024.

Baca Juga :  Pemuda Bejat Perkosa Anak Gadis usia 10 Tahun

”Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya pada puncak arus mudik tahun ini, dua maskapai menambah jadwal penerbangan atau ekstra flight, yaitu tujuan Jakarta dan Surabaya. Jadi, yang sebelumnya kami hanya melayani 12 penerbangan, bisa melayani 14-15 penerbangan,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada momen mudik dan arus balik, pihaknya bersama dengan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kota Palangka Raya akan membuka posko gabungan.

”Posko bertujuan untuk monitoring arus mudik dan arus balik di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Kami ingin memastikan jika masyarakat mudik dengan aman dan nyaman melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya,” ujarnya.

Irpan, calon penumpang mengaku sudah mempersiapkan mudik jauh-jauh hari guna menghindari mahalnya harga tiket pesawat.

”Terkait harga tiket, tentu tergantung dan menyesuaikan. Sudah jauh-jauh hari membeli tiket dan mempersiapkan keberangkatan. Makanya memilih mudik lebih awal dari jadwal libur nasional. Dapat dengan mudah membeli tiket pesawat dengan harga yang murah,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait