Penyeberangan Kalteng-Kalbar Jalur Sukamara Cukup Ramai

PENYEBERANGAN KALTENG KALBAR
PENYEBERANGAN:  Sejumlah warga saat menyeberang menggunakan perahu mesin dari Jelai Kalteng menuju Natai Kuini Kalbar.

SUKAMARA, radarsampit.com – Aktivitas penyeberangan dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat atau sebaliknya di Kecamatan Jelai cukup ramai. Pemerintah Kabupaten Sukamara bakal menata pelabuhan penyeberangan karena pelabuhan di Kelurahan Jelai, Kecamatan Jelai, saat ini hanya terbangun seadanya.

Lokasi penyeberangan di Kelurahan Jelai sering kali melayani tujuan Desa Natai Kuini, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Penyeberangan dimanfaatkan sebagian warga yang bekerja di perusahaan perkebunan di Desa Natai Kuini dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Begitu pun sebaliknya, warga Desa Natai Kuini maupun warga desa lainnya di wilayah Kalimantan Barat memanfaatkan sarana penyeberangan itu. Armada yang digunakan berupa perahu mesin yang bisa mengangkut kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Saya bekerja di kebun dan setiap hari menyeberang sungai,” kata salah seorang warga yang menyeberang membawa kendaraan roda duanya.

Baca Juga :  Polisi Periksa SPBU, Antisipasi BBM Campur Air

Selain itu, akses dari Desa Natai Kuini juga bisa menembus ke beberapa wilayah Kalbar lainnya seperti Desa Air Hitam. Sedangkan akses jalan dari Jelai yang sudah bisa tembus ke Kota Sukamara hingga Pangkalan Bun, membuat warga di wilayah Kalbar juga menjadikan pelabuhan itu jika ingin ke wilayah Kalteng.

“Banyak mobil dari Kalteng maupun Kalbar yang dibawa menyeberang. Penyeberangan aman karena menggunakan dua perahu yang dirakit khusus,” tambah Iwan salah seorang warga lainnya. (fzr/sla)

 



Pos terkait