Perkuat Lagi Testing, Tracing, dan Treatment

ppkm
PEMERIKSAAN: Pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya, belum lama ini.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyatakan pemerintah akan memperkuat  testing, tracing, dan treatment (3T) selama masa  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4.

“PPKM ini tujuan untuk menekan angka penularan, yang artinya tidak hanya berkaitan pembatasan aktivitas masyarakat, tapi dari sisi pengetesan, pelacakan kasus, dan pengobatan juga diperkuat,” kata Sugianto baru baru ini.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Munculnya varian delta yang memiliki sifat cepat menular menjadi salah satu alasan pelacakan kontak erat, hingga penanganannya harus diperkuat. Terlebih jika melihat kasus penularan yang hingga saat ini belum memperlihatkan tanda-tanda penurunan, maka upaya 3T tersebut harus terus digenjot.

Menurutnya, di tengah lonjakan kasus saat ini sangat diperlukan langkah strategis memutus transmisi penularan, salah satunya dengan pelacakan kontak erat. Dengan begitu langkah penanganan dan perawatan orang yang dinyatakan positif bisa lebih cepat.

Baca Juga :  Waspadai Jalur Tikus Selama Masa Penyekatan PPKM

“Angka konfirmasi harian masih tinggi, sehingga ini harus ditindaklanjuti. Yang positif bisa langsung diberi penanganan atau isolasi mandiri. Kemudian dari situ, telusur kontak eratnya untuk memutus mata rantai penularan,” ucapnya.

Terkait penguatan 3T di masa PPKM ini, bupati dan wali kota telah diberi instruksi untuk mempercepat penemuan kasus dalam masyarakat, sehingga yang terpapar bisa segera menerima penanganan kesehatan yang diperlukan sedini mungkin.

“Saya minta bupati wali kota melaksanakan 3T, penguatan 3T, melaksanakannya dengan sungguh-sungguh diawasi. Sehingga kalau ada kasus baru, bisa langsung ditangani dan penurunan bisa ditekan,” kata Sugianto. (sho/yit)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *