Ramai-Ramai Mengutuk Pembuang Bayi, Pelaku Dinilai Lebih Kejam dari Binatang

Kejahatan keji pembuangan bayi yang kembali terulang harus segera dihentikan
Ilustrasi. (M Faisal)

”Mudahan nanti menjadi pribadi yang baik dan penurut sesuai namanya. Semoga dede kecil yang ditelantarkan dan dibuang orang tuanya menjadi anak solehah, beriman, menjadi orang yang hebat nantinya,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap kejadian yang menimpa bayi mungil tersebut. Dia juga berharap kasus yang tengah diusut aparat kepolisian tersebut segera terungkap tak terjadi lagi di kemudian hari.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Khairiah yang juga menjenguk bayi tersebut, berpesan kepada orang tua agar bersabar menghadapi permasalahan dan berpikir dua kali sebelum bertindak agar tidak memberikan dampak buruk terhadap anak yang tidak berdosa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Ellena Rosie mengatakan, pihaknya langsung melakukan pendampingan terhadap bayi tersebut dengan menerjunkan beberapa personel.

Bahkan, lanjutnya, apabila kasus itu berlanjut pada proses hukum, pihaknya akan mendampingi sampai prosesnya selesai. ”Kami terus mengikuti dan memantau perkembangan kasusnya. Kami akan terus dampingi,” katanya.

Baca Juga :  Cara Petugas Identifikasi Menjaga Diri di Tengah Pandemi

Sementara itu, Kapolsek Baamang AKP Ratno mengatakan, kasus tersebut dalam penyelidikan. Pelaku pembuangan bayi masih diburu dengan memeriksa sejumlah saksi. Meski demikian, pihaknya lebih memprioritaskan kesehatan bayi.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjutnya, bayi tersebut dibuang dengan cara diletakkan di semak-semak oleh pelakunya, bukan dengan cara dilempar. Hal itu dipastikan karena kepala bayi dalam kondisi baik.

”Untuk sementara kami belum mengetahui siapa pelaku di balik kasus pembuangan bayi ini. Yang jelas, anggota kami masih di lapangan untuk menggali semua informasi yang ada,” tegasnya.

Dirujuk

Wakil Direktur RSUD dr Murjani Sampit Akhya Ridzkie mengatakan, bayi tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Betang Pambelum Palangka Raya untuk penanganan tangan kiri bagian atasnya yang patah. Kondisi bayi sudah mulai membaik, meskipun masih terdapat memar di lengan kirinya. Selain itu, tubuh mungilnya juga masih terdapat banyak bekas gigitan serangga.



Pos terkait