Ratusan Rumah di Seruyan Tengah Terendam Banjir Luapan Sungai

banjir seruyan tengah
BENCANA: Banjir menggenangi Desa Ayawan, Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan. (Istimewa)

SERUYAN, radarsampit.com – Sedikitnya 150 rumah warga terendam banjir di Desa Ayawan, Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan Kalteng pada Minggu (26/5/2024). Banjir dengan kedalaman hingga 1 meter itu merendam rumah warga di RT, 04, 05 dan 06 hampir sepekan ini.

Banjir yang disebabkan karena meluapnya air Sungai Seruyan, sehingga membuat aktivitas warga lumpuh total dalam lima hari ini. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air naik ke perkampungan warga.

Bacaan Lainnya

Mantir Adat Desa Ayawan, Hardiman, mengatakan banjir pada hari ke lima ini sempat surut, namun pada Minggu siang (26/5) mengalami pasang kembali.

“Hari ini naik lagi setelah tadi malam surut sekitar 40 cm. Kalau kemarin air sudah masuk di dalam rumah bahkan kamar tidur tidak bisa ditempati,” tukas Hardiman di lokasi banjir.

Baca Juga :  Marak Pencurian di Sampit, Warga Diminta Waspada

Ia juga menjelaskan, sudah banyak warga yang membuat tempat tidur darurat (loteng) agar masih bisa menempati rumahnya, mengingat banjir ini merupakan musibah tahunan setiap kali air sungai meluap.

Dirinya berharap pascamusibah banjir ini ada pendampingan dari pihak terkait guna mencegah terjadinya demam berdarah atau potensi sumber penyakit lainnya.

“Kantong-kantong air yang ada di bawah rumah atau pun di pekarangan bisa menjadi sarang penyakit. Apalagi jika bercampur dengan sampah. Ini harus menjadi perhatian bersama,” tandasnya. (sam/yit)



Pos terkait