Soroti Isu Terkini, Minta Kepala Dinas di Kotim Tak Alergi Wartawan

Bincang Santai Bupati Kotim Halikinnor dengan PWI

wartawan
SILATURAHMI: Bupati Kotim Halikinnor beserta jajaran Pemkab Kotim berfoto bersama usai silaturahmi dengan insan pers yang tergabung dalam PWI Kotim, Sabtu (27/1/2024). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Bupati Kotim Halikinnor mengajak wartawan yang tergabung di PWI Kotim bersantai menikmati akhir pekan, Sabtu (27/1/2024). Halikinnor juga menerima masukan dari kalangan jurnalis untuk perbaikan pelayanan di bawah kepemimpinannya.

YUNI PRATIWI ISKANDAR, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Pelayanan kesehatan di rumah sakit menjadi salah satu isu seksi yang dibahas saat Halikinnor duduk bersama para pemburu berita. Wartawan menyebutkan bahwa keterbukaan publik menjadi hal yang diharapkan agar tidak terjadi kesalahpahaman, apalagi terhadap instansi layanan publik pemerintah.

Seperti yang belakangan sempat terjadi, kesalahpahaman atau miskomunikasi antara pasien dengan tenaga kesehatan yang akhirnya bergulir simpang siur di media massa. Hal itu tidak akan terjadi seandainya layanan masyarakat memberikan keterbukaan publik melalui corong kehumasan.

Hadir atau diaktifkannya kembali kehumasan dinilai dapat membantu jurnalis untuk mengakses informasi yang lebih jelas. Utamanya berkaitan dengan medis.

”Kami berharap bisa diaktifkan kembali humas RSUD dr Murjani Sampit, agar permasalahan pada waktu lalu terkait layanan kesehatan dapat dijelaskan, untuk menghindari miskomunikasi sehingga kedepannya masyarakat lebih mengetahui tentang kebijakan kesehatan yang dilaksanakan,” kata Norjani Aseran, wartawan senior di Kotim.

Baca Juga :  STKIP Muhammadiyah Sampit Wisuda 80 Sarjana

Menurutnya, hal itu penting karena yang lebih paham terkait diagnosa dan hal lain berkaitan dengan medis adalah pihak rumah sakit atau tenaga kesehatan, sementara wartawan hanya mendengar informasi di lapangan.

Silaturahmi Bupati Kotim Halikinnor yang digelar nonformal itu juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Fajrurrahman dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Menanggapi masukan terkait agar diaktifkannya kembali humas RSUD dr Murjani Sampit, Halikinnor berjanji akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan mengaktifkan kembali humas di pusat kesehatan dan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Kotim lainnya.

”Terima kasih atas masukannya. Menanggapi tentang kehumasan, saya berharap tidak hanya di rumah sakit saja. Semua SOPD juga agar humasnya aktif untuk menjelaskan program yang akan dilaksanakan perangkat daerah ataupun menanggapi isu-isu di masyarakat. Silakan berkoordinasi dengan Diskominfo untuk dilaksanakan konferensi pers menjelaskan hal tersebut,” ujar Halikinnor.



Pos terkait