Tak Hanya Pemprov, Lingkar Selatan Perlu Diprioritaskan Pemkab Kotim

jalan lingkar selatan sampit,jalan rusak,pemkab kotim,pemprov kalteng
PERLU PRIORITAS: Puluhan kubangan membentuk seperti kolam di ruas Jalan Moh Hatta - jalur lingkar selatan yang semakin rusak parah belum mendapat perhatian pemerintah, Kamis (5/5). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Perbaikan jalan lingkar selatan Kota Sampit dinilai perlu diprioritaskan. Ruas itu semestinya juga mendapat perhatian dari Pemkab Kotim, selain dari Pemerintah Provinsi Kalteng yang berwenang menangani jalan tersebut.

”Jalan lingkar selatan hingga saat ini tidak pernah beres pemerintah menanganinya. Adapun yang diperbaiki sangat sedikit, padahal itu adalah akses vital untuk angkutan,” kata anggota Komisi IV DPRD Kotim Pardamean Gultom, kemarin.

Bacaan Lainnya

Akibat dari itu, lanjutnya, akses jalan tersebut tidak fungsional secara maksimal. Seandainya jalan lingkar itu bisa maksimal sebagaimana mestinya, angkutan besar tidak lagi melewati jalan di dalam kota.

Menurutnya, selama ini pemerintah kesulitan menertibkan angkutan melebihi tonase yang merangsek masuk Kota Sampit. ”Ini memang kondisinya rusak parah. Jangankan kendaraan besar, yang pakai roda dua saja harus hati – hati,” katanya.

Baca Juga :  Lubang Besar Ditimbun Berlapis, Diguyur Hujan, Agregat Lingkar Selatan Langsung Jadi ”Bubur”

Gultom berharap ada prioritas pembangunan jalan itu, baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Pemkab Kotim pun bisa mengambil alih perbaikan jalan, jika pemerintah provinsi tidak bisa segera menanganinya.

”Ya, bisa saja diambil alih kabupaten untuk penanganannya. Daripada terkatung – katung belum ada kejelasan kapan bisa ditangani pemprov,” kata politikus Partai NasDem Kotim itu.

Dia melanjutkan, beberapa waktu lalu, Pemkab Kotim telah menganggarkan untuk perbaikan jalan tersebut dan sudah dilakukan. Namun, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng tidak bisa lepas tangan begitu saja. (ang/ign)

Pos terkait