Tuban Diguncang Gempa, Kekuatan M 6.0 dengan Titik Pusat di Timur Laut

Getaran Juga Dirasakan Hingga Kalimantan Tengah

gempa
Ilustrasi gempa. (net)

Radarsampit.com – Warga Sampit merasakan getaran gempa. Hal ini karena gempa mengguncang Tuban, Jawa Timur. Gempa Tuban tersebut sebesar Magnetudo 6.0. Pusat gempa diperkirakan berada di timur laut Tuban. Getaran gempa juga diinformasikan terasa sampai Surabaya.

“Info Gempa Mag:6.0, 22-Mar-24 11:22:45 WIB, Lok:5.74 LS, 112.32 BT (132 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:10 Km. Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis akun X (twitter) @BMKG.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, getaran juga terasa hingga wilayah Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kepala BMKG Kotawaringin Barat (Stamet Iskandar Pangkalan Bun) Nur Setiawan mengungkapkan bahwa getaran terasa hingga wilayah tersebut.

Baca Juga :  Tuban Kembali Diguncang Gempa, Getaran Makin Terasa di Sampit dan Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

“Terasa hingga Pangkalan Bun, skala II – III MMI,” ujarnya melalui pesan WA kepada radarsampit.com

Hal senada juga diungkapkan Mitra Dwina Hutauruk, selaku Forecaster di BMKG Kotawaringin Timur. Ia menyebut bahwa untuk daerah Sampit dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)

“Pusat gempa ada di laut Jawa (Timur Laut Tuban) jadi daerah sekitar termasuk wilayah pesisir selatan Kalteng pasti merasakan hal yang sama,” katanya.

Informasi berkembang bahwa ada gempa susulan pukul 12.31 WIB dengan Magnetudo 5.3. (*/sla)



Pos terkait