Dinkes Kotim Usulkan 500 Dosis Vaksin Covid-19

Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Empat Baru 6,5 Persen

VAKSINASI COVID
SEBAGIAN TERTUNDA: Seorang pelajar SMP saat disuntik vaksin. Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar SMP di Sampit sebagian harus tertunda karena tekanan darah siswa yang tinggi, Kamis (14/10). (YUNI PRATIWI/RADAR SAMPIT)

Hal itu dibuktikan berdasarkan data realisasi vaksinasi Covid-19 update per 16 Desember 2023 tahun ini yang terakumulasi sejak awal layanan vaksinasi Covid-19 tercatat layanan vaksinasi dosis 1 sebanyak 313.311 orang dengan capaian 97,1 persen, dosis 2 sebanyak 241.932 orang dengan capaian 73,6 persen, dosis 3 (booster I) sebanyak 42.426 atau 12,9 persen dan dosis 4 (booster II) sebanyak 21.251 orang dengan capaian sebesar 6,5 persen dan masih jauh dari target 328.727 sasaran vasksinasi Covid-19 di Kotim secara keseluruhan dari kategori nakes, lansia, pelayan publik, masyarakat, remaja, dan vaksin anak-anak.

“Untuk vaksin booster kedua atau dosis empat sudah mulai diberikan Agustus 2022 lalu untuk masyarakat skala prioritas terlebih dahulu dimulai dari tenaga kesehatan, pekerja pelayan publik, TNI Polri dan seterusnya,” katanya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan catatan Radar Sampit dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi mengatakan pemberian dosis keempat dapat diberikan minimal dengan jarak interval enam bulan dari vaksin booster pertama (dosis ketiga).

Baca Juga :  ASN Wajib Beri Teladan, Bukan Keluyuran

Pemberian vaksin untuk nakes pada dosis tiga (booster I) yang memakai Sinovac maka pada penggunaan vaksin dosis empat (booster kedua) dapat menggunakan merk vaksin Astrazeneca yang diberikan sebanyak separuh dosis atau 0,25 ml, Pfizer separuh dosis atau 0,15 ml, Sinopharm, Sinovac dan Moderna diberikan dosis penuh atau sebanyak 0,5 ml.

“Dosis yang diberikan untuk vaksin booster kedua atau vaksin dosis keempat tergantung dari merk vaksin yang digunakan  pada vaksin booster pertama. Pada vaksin dosis keempat boleh menggunakan merk vaksin mana saja, hanya saja dosisnya berbeda, ada yang separuh dosis dan ada yang dosis penuh mulai dari 0,5 ml sampai 0,25 ml disesuaikan dengan merk vaksin yang digunakan pada dosis ketiga,” tandasnya. (hgn/yit)

 



Pos terkait