Hasil Kebun Kelapa di Sukamara Belum Terkelola Maksimal

kelapa
ilustrasi

SUKAMARA, radarsampit.com – Selain memiliki potensi perikanan laut, Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai mempunyai potensi tanaman kelapa yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai. Sayangnya saat ini pengelolaan hasil perkebunan kelapa belum maksimal. kebanyakan hasilnya hanya diolah untuk kebutuhan sendiri.

Menurut Utih, salah seorang warga Desa Cabang Barat, selama ini buah kelapa milik warga setempat hanya dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, seperti membuat minyak goreng, dan keperluan memasak. “Kebanyakan warga mengolah kelapa-kelapa di sini untuk minyak goreng dan untuk keperluan sendiri, terkecuali ada pemesan maka minyak kelapa baru dijual,” cerita Ibu Utih.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebagian warga memang menjual buah kelapa kepada pembeli yang datang dari Kota Sukamara dengan harga yang bervariasi. Kelapa tersebut akan dipasarkan kembali ke beberapa daerah seperti Kecamatan Balai Riam, Permata Kecubung, dan daerah lainnya. “Biasa membeli kelapa muda adalah pedagang minuman,” tukas Utih. (fzr/yit)

Baca Juga :  Sukamara Expo 2022 Diikuti Ratusan Pelaku UMKM

 



Pos terkait